full screen background image

Urus e-KTP, Warga Abepura Terkendala KK Berbasis NIK

JAYAPURA – Animo warga untuk melakukan perekaman e-KTP khususnya di Distrik Abepura terus mengalami peningkatan. Namun banyak warga yang terpaksa tidak dapat melakukan perekaman data e-KTP lantaran belum memiliki Kartu Keluarga (KK) berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura.

Memang banyak warga yang datang untuk melakukan perekaman e-KTp namun mereka hanya membawa KK yang lama. Tentunya mereka tidak bisa kita layanani karena belum memiliki KK yang berbasis NIK, ungkap Sekretaris Distrik Abepura, Mathius Pawara, S.Sos, M.Si kepada Cenderawasih Pos (JPNN Group) Selasa (17/4). Terkait hal ini pihaknya langsung mengarahkan warga yang belum memiliki KK berbasis NIK untuk mengurusnya.

Untuk membantu warga, Pemerintah Distrik Abepura menurut Mathius Pawara sudah menyediakan formulir yang diisi warga dan selanjutnya dibawa petugas ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura untuk diproses. Sementara itu, dari pantauan Cenderawasih Pos di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, pengurusan KK berbasis NIK mengalami peningkatan.

Bahkan jumlah warga yang dating untuk mengurus KK berbasis NIK di kantor yang terletak di gedung otonom Kota Jayapura itu makin padat. Hal ini diakui oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, Merlan Uloli, SE, M.Si. Memang ada peningkatan yang signifikan dalam pengurusan KK dalam beberapa pekan terakhir. Rata-rata dalam sehari bias mencapai 100 orang yang dating mengurus KK.

Padahal sebelumnya kurang dari 100 orang, ungkapnya. Peningkatan ini menurut Merlan Uloli, lantaran banyak warga yang belum memiliki KK berbasis NIK sehingga terkendala saat akan melakukan perekaman data e-KTP. Karena KK adalah syarat utama untuk mengurus e-KTP sebab melalui KK warga akan memperoleh NIK. Nah dari nomor NIK inilah nantinya yang akan dijadikan dasar untuk data warga yang melakukan perekaman e-KTP, jelasnya. (cr-179/ta/nat)