full screen background image

Tentara Gurkha/Inggris Dukung Malaysia Saat Ganyang Malaysia

“Pasukan Malaysia yang didukung oleh unit-unit Gurkha/Inggris nampak sedang menggiring seorang tawanan anggota Sukarelawan Dwi Komando Rakyat ( Sukwan Dwikora ) asal Indonesia yang tertangkap saat sedang melakukan tugas penyusupan ke semenanjung Malaya bulan September 1964.

Sumber foto ini (Life Magazine) tidak menjelaskan secara detail, kapan dan dimana persisnya sukwan Dwikora ini tertangkap, serta berasal dari unit atau kesatuan manakah tawanan Indonesia ini berasal. Tetapi dari tanggal pengambilan foto ini (September 1964) , dapat diduga bahwa sukwan Indonesia ini berasal dari satuan Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL/skrg Marinir) yang pada pertengahan Agustus 1964 mencoba melakukan operasi penyusupan lewat laut, ke kawasan Pontianak, Johor Baru, Semenanjung Malaya, Malaysia.

Operasi tersebut gagal, sejumlah anggota KKO gugur dan sisanya tertawan oleh pasukan Malaysia yang didukung oleh unit-unit militer Inggris , termasuk pasukan khusus “Royal Gurkha Regiment” yang direkrut dari kawasan pegunungan Nepal, negeri kecil di sebelah utara India.

Rangkaian kegagalan yang mewarnai berbagai operasi tempur & intelijen Indonesia pada era Dwikora ini menimbulkan berbagai spekulasi, termasuk spekulasi adanya kekurangkompakan dari internal militer Indonesia sendiri, kepada politik konfrontasi yang dilancarkan oleh Bung Karno terhadap Nekolim Malaysia/Inggris” (Sumber foto : Life Magazine, September 1964)

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
kopassus vs gurkha,pasukan gurkha,tentara gurkha,operasi dwikora,gurkha vs kopassus,dwikora,militer inggris,Ganyang malaysia,pasukan gurkha vs kopassus,militer malaysia