full screen background image

SBY Tanda Tangani PP 19, Usia Pensiun PNS Dapat diPerpanjang

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menandatangani Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2013 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil. Poin pokoknya adalah pegawai negeri sipil (PNS) yang menjadi pejabat struktural memiliki usia kerja lebih lama atau mendapat perpanjangan batas usia pensiun.

pejabatPada pasal 3 dijelaskan, batas usia pensiun maksimal 65 tahun bagi PNS yang memangku; jabatan peneliti madya dan peneliti utama yang ditugaskan secara penuh di bidang penelitian; jabatan Hakim pada Mahkamah Pelayaran; atau jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden.

Kemudian batas pensiun maksimal 60 tahun bagi mereka yang masuk dalam struktur eselon I; jabatan struktural eselon II; jabatan Dokter yang ditugaskan secara penuh pada unit pelayanan kesehatan negeri; jabatan Pengawal Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Dasar, Taman Kanak-Kanan atau jabatan lain yang sederajat; atau jabatan lain yang ditentukan oleh Presiden. Sementara batas usia PNS maksimal 58 tahun bagi PNS yang menempati posisi tertentu yang ditentukan oleh Presiden.

PP ini juga menegaskan adanya peluang perpanjangan batas usia pensun sampai dengan 62 tahun bagi PNS yang memegang jabatan struktural Eselon I tertentu. “Perpanjangan batas usia pensiun pada ayat (3) –sampai usia 62 tahun– ditetapkan dengan Keputusan Presiden atas usul Instansi/Lembaga setelah mendapat pertimbangan dari Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon I,” tulis Pasal 4 Ayat (3) PP No. 19 Tahun 2013.

Bagi mereka yang berhak atas batas usia pensiun 62 tahun, harus memenuhi syarat diantaranya; memiliki keahlian dan pengalaman yang sangat dibutuhkan organisasi; memiliki kinerja yang baik; memiliki moral dan integritas yang baik; serta sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan oleh keterangan Dokter.

Untuk wakil Menteri, bagi PNS yang semula menduduki jabatan struktural eselon I atau II yang diangkat sebagai wakil menteri, batas usia pensiunnya menjadi 60 tahun. Sementara bagi PNS yang semula menduduki jabatan fungsional tertentu yang diangkat sebagai Wakil Menteri, batas usia pensiunnya sesuai dengan batas usia pensiun pada jabatan fungsional terakhir, sebelum diangkat sebagai Wakil Menteri.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
pp 19 tahun 2013,pp usia pensiun pns 58 tahun,PP 19/2013,pp no 19 th 2013,PP 19 TH 2013,usia pensiun pns 58 tahun,PP 19 2013,pp19 tahun 2013,perpanjangan usia pensiun pns menjadi 58 tahun,pp no 19/2013