full screen background image

Pulau Pandang Objek Wisata Potensial di Sumut

Oleh Munawar Mandailing
Batubara, Sumut, 18/3 (Antara) – Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, memiliki sejumlah objek wisata potensial, di antaranya Pulau Pandang dan Pulau Salah Nama. Salah seorang warga Kecamatan Talawi, Ruslan (47), Senin mengatakan, kedua pulau yang masih perawan itu, memiliki keindahan dan panorama alam yang luar biasa.

pulau-salah-nama-02Oleh karena itu, menurut dia, bila pulau tersebut sudah dikenal wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara (wisman), maka Kabupaten Batubara nantinya akan semakin dikenal dan juga akan mendatangkan tidak sedikit keuntungan.

“Pembangunan perekonomian di Kabupaten Batubara sebagai daerah yang baru dimekarkan itu juga akan semakin meningkat dan berkembang lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Ruslan.

Dia mengatakan, Kabupaten Batubara tidak hanya dikenal sebagai daerah perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan, melainkan juga menyimpan cukup banyak objek wisata yang cukup dan menarik, namun belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah setempat.

“Bantuan pemerintah dan pihak investor juga sangat diharapkan untuk membangun kedua lokasi objek wisata yang sangat menjanjikan bagi kemajuan di wilayah Pantai Timur Sumatera,” ucap dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kabupaten Batubara selama ini memiliki pulau-pulau dan pantai yang sangat indah, tidak kalah menariknya bila dibandingkan dengan daerah lainnya.

Pulau Pandang dan Salah Nama terletak di Selat Malaka yang memiliki panorama alam yang masih alamiah, dan belum lagi terjamah dan masih jarang dikunjungi para wisatawan.

Pulau Pandang terletak di sebelah utara Tanjung Tiram. Pulau ini juga memiliki lokasi yang sangat strategis yang dikelilingi air laut. Sedangkan, Pulau Salah Nama terletak tak berapa jauh dari Pulau Pandang, dan terdapat banyak batu karang tempat berkumpulnya berbagai jenis ikan hias yang berwarna warni.

“Lokasi tersebut juga sangat tepat bagi wisatawan yang memiliki hobby menyelam untuk melihat keindahan flora dan fauna yang terdapat di pulau tersebut,” kata Ruslan.

Sementara itu, data yang diperoleh bahwa Kabupaten Batubara juga memiliki objek wisata Pantai Perjuangan yang biasa disebut dengan “Pantai Jono” memiliki keindahan dan panorama yang sangat menarik.

Di Pantai Perjuangan itu terbentang pasir putih yang bersih sepanjang lebih kurang 800 meter, berada di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

Pada tahun 2009, di pantai tersebut diselenggarakan kegiatan Festival Internasional Pemuda Olahraga Bahari yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga bahari berskala internasional.

Selain itu, juga ada Pantai Bunga memiliki suasana pantai laut lepas sangat indah yang hanya berjarak lebih kurang 4 Kilometer dari Tanjung Tiram dan Pantai Sejarah terletak di Desa Perupuk Kecamatan Lima Puluh.

Di Pantai tersebut juga terdapat terowongan tentAra Jepang sepanjang lebih kurang 500 Meter. objek wisata yang memiliki nilai sejarah itu hanya berjarak lebih kurang 25 Kilometer dari Kota Indrapura.

Kabupaten Batu Bara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan. Kabupaten baru ini terdiri atas tujuh kecamatan, 98 desa, tujuh kelurahan, dengan luas cakupan wilayah 92.220 hektare.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
tempat wisata serge