full screen background image

Potensi Tambang Emas di Padeglang Cukup Melimpah

Cadangan emas di Kabupaten Pandeglang, Banten, cukup untuk kegiatan penambangan hingga 10 tahun ke depan. “Potensi emas itu berada di Kecamatan Cimanggu dan sekarang sedang ditambang oleh PT Cibaliung Sumber Daya (CSD),” kata Kepala Bidang Pertembangan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Surya Darmawan di Pandeglang, Sabtu(27/10).

PT CSD, anak perusahaan PT Aneka Tambang melakukan eksploitasi emas dan perak di daerah itu sejak 2010 dengan luas areal penguasaan 1.340 hektare. Menurut dia, kegiatan penambangan baru dilaksanakan pada arel 100 hektare.

Mengenai produksi, menurut dia, saat ini sekitar 800 kilogram per tahun emas dan perak. Masih ada potensi untuk ditingkatkan. PT Cibaliung Sumber Daya mengoperasikan unit pengolahan emas pada lokasi tambang yang dikuasainya di Desa Padasuka Mangkualam, Kecamatan Cimanggu.

Emas menjadi satu dari banyak potensi bahan tambang di Kabupaten Pandeglang yang sebagian besar belum dimanfaatkan secara optimal. “Kami memiliki potensi tambang cukup melimpah dan beragam, tapi sebagian besar belum bisa dimanfaatkan,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgiantoro.

Ia mengaku, terus melakukan kajian guna mengetahui secara pasti potensi tambang yang belum diketahui. Kegiatan itu bekerja sama dengan berbagai lembaga penelitian dan pengkajian. “Kami ingin semua potensi dapat diketahui dan kemudian dieksploitasi sehingga bisa memberikan kontribusi pada penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut dia, Kabupaten Pandeglang memiliki potensi bahan tambang cukup banyak, mulai emas, perak, pasir besi dan titanium hingga minyak bumi. Sebagian dari potensi tersebut sudah bisa diekpoitasi, dan lainnya sudah dilakukan eksplorasi, tapi juga ada yang masih memerlukan kajian dan penelitian.

Setidaknya ada enam jenis potensi bahan tambang di daerah itu yang telah terindentifikasi, yakni emas, perak, belerang, kapur, pasir besi dan batu gift. Menurut dia, potensi emas dan perak berada di Kecamatan Cimanggu, belerang di Kecamatan Banjar, kapur di wilayah Labuan, Cigeulis, Cimanggu, Cibaliung, Cikeusik dan Cadasari. Pasir besi berada di wilayah Kecamatan Cikeusik dan Cimanggu, serta batu gift di Kecamatan Cigeulis.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
lokasi tambang emas di banten