full screen background image

Penetapan UMK, 3 Gubernur Rapat dengan Menakertrans

Pemerintah Provinsi Banten melalui kehadiran Gubernur BantenHj.Ratu Atut Chosiyah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Gubernur Jawa BaratAhmad Heriawan dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans)Muhaimin Iskandar di Kantor Menakertrans di Jakarta, Jumat (2/11/2012), sedang melakukan rapat koordinasi persiapan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimun Kab/Kota (UMK) tahun 2013 sebelum ditetapkan.

tunggu-penetapan-umk-di-banten-3-gubernur-rapat-dengan-menakertrans

Menurut Gubernur Banten, penetapan UMK tiga daerah di Banten yang berbatasan dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat seperti Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan masih menunggu penetapan UMP DKI Jakarta untuk dijadikan dasar dan rujukan UMP tiga daerah di Banten.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan DKI Jakarta, berapapun UMP yang ditetapkan DKI akan menjadi dasar dan rujukan untuk penetapan UMK di wilayah Tangerang,” kata Gubernur Banten usai rapat kordinasi.

Sebelum UMP tiga derah tersebut ditetapkan harus dibahas dengan matang karena khawatir terjadi reaksi dari kalangan buruh seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Pertemuan tiga daerah yakni Banten, DKI dan Jawa Barat bersama Menakertrans merupakan strategi dan upaya agar dalam penetapan UMK tiga daerah di Banten tidak ada kekisruhan atau usulan revisi kembali,” kata Gubernur Banten.

Sebab, penetapan UMP DKI Jakarta betul-betul mempengaruhi terhadap buruh yang ada di Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, mengingat daerah tersebut berbatasan langsung dengan DKI Jakarta.

Bagi Banten dan Jawa Barat, dalam penetapan UMK atau UMP berbeda dengan DKI Jakarta karena di DKI Jakarta Gubernur bisa menetapkan dan mengeluarkan Surat Keptusan (SK) besaran UMP. Sedangkan Gubernur Banten dan Jawa Barat bisa menetapkan dan mengeluarkan Surat Keptusan (SK) sesuai dengan rekomendasi dari Bupati dan Walikota.

Secara mendalam Gubernur Banten menegaskan, bahwa reaksi dan kekisruhan dalam penetapan UMK bisa merugikan semua pihak, baik kalangan buruh, pengusaha dan masyarakat, karena pemerintah tengah giat-giat membangun dan menarik investasi dalam upaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

“Kami akan terus melakukan komunikasi khusus untuk penetapan UMK di wilayah Jabodetabek ini” kata Gubernur Banten.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Erick Syehabudin mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pembahasan dengan Dewan Pengupahan di tiga daerah yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

“Kami segera berkordinasi dengan tiga daerah itu karena UMP DKI sudah ditetapkan. Kemungkinan tidak akan sama dengan DKI Jakarta, tetapi mudah-mudahan pekan ini sudah bisa ditetapkan, berapapun angkanya nanti akan kami bahas dengan Dewan Pengupahan,” kata Kepala Disnakertrans Banten.

Menakertrans kemudian menjelaskan, bahwa pihaknya sudah bersama-sama melakukan rapat koordinasi persiapan penetapan UMP yang maksimal akan ditetapkan pada akhir bulan Nopember 2012 atau sekitar tanggal 20 Nopember 2012.

Pertemuan tersebut, menghasilkan tiga kesepakatan yaitu Menakertrans akan untuk terus memantau hasil-hasil pertemuan dengan Dewan Pengupahan Daerah, kemudian pihaknya akan terus berkoordinasi agar penetapan UMP Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta dapat saling bersinergi, sehingga SK yang dikeluarkan nanti sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang dibutuhkan.

Selain itu, dalam penetapan UMK tersebut sepakat untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti faktor kesejahteraan dan kebutuhan hidup layak, salah satunya yaitu pertimbangan hasil survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

“Nilainya belum tahu, nanti para gubernur juga akan menunggu Dewan Pengupahan di daerahnya,” kata Menakertrans.@Adv

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
ump tangerang 2013,umr tangerang 2013,umk tangerang 2013,ump tangerang 2014,UMK SERANG 2013,umr tangerang 2014,umr banten 2013,ump Banten 2013,Ump Tangerang tahun 2013,umk banten 2013