full screen background image

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Rehabilitasi 1.500 Rumah Tak Layak Huni

Medan, 5/7 – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan merehabilitasi dan memperbaiki 1.500 unit rumah tidak layak huni yang pelaksanaannya dilakukan melalui kerja sama dengan Zeni Kodam I Bukit Barisan.

Kedelapan daerah itu Kabupaten Deli Serdang (187 unit), Kota Medan (188 unit), Binjai (188 unit), Siantar (188 unit), Tebing Tinggi (187 unit), Tanjung Balai (188 unit), Sibolga (187 unit), dan Kota Pematang Sidempuan (187 unit).

“Pembangunannya dilaksanakan pada Oktober dan November 2012,” katanya.

Ia mengatakan, perbaikan dan rehabilitasi rumah tersebut dimaksudkan untuk membantu masyarakat guna mendapatkan rumah yang layak huni serta bertujuan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat.

Kriteria itu, kata dia, rumah yang akan diperbaiki itu rusak dan tidak permanen, atau dindingnya terbuat dari bahan yang mudah rusak, lapuk seperti papan, ilalang, dan bambu yang dianyam.

Kemudian, atap rumah itu terbuat dari bahan yang mudah rusak, atau lantai tanah dan semennya dalam kondisi rusak, atau kondisi rumahnya yang lembab dan pengap.

Demikian juga dengan keberadaan bangunan rumah yang tidak memiliki pembagian ruangan, tidak memiliki fasilitas mandi, cuci, dan kasus (MCK), serta tidak memiliki pencahayaan matahari dan ventilasi udara.

Sekreataris Daerah Provinsi Sumut Nurdin Lubis mengatakan, kegiatan rehabilitasi rumah tersebut telah dilakukan sebelumnya melalui dana APBN, anggaran Kementerian Perumahan Rakyat, dan APBD kabupaten/kota.

“Ini semua karena Pemprov Sumut peduli terhadap masalah rakyat,” katanya.