full screen background image

KONI Sumut Dukung Pembangunan Pusat Olahraga Medan

Koni

Medan,29/12 – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara mendukung rencana Pemkot Medan membangun “sport center” atau pusat olahrahga sebagai salah satu upaya menjadikan kota itu sebagai kota atlet tahun 2016.

“Saya mendapat informasi bahwa Pemkot Medan akan mendirikan sport center pada tahun 2013. Ini tentunya sangat kami dukung, apalagi itu merupakan upaya intergral dalam mewujudkan Medan sebagai kota atlet tahun 2016,” kata Ketua KONI Sumut Gus Irawan, Sabtu.

Menurut Gus, apa yang telah direncanakan Pemkot Medan tersebut juga merupakan salah satu upaya integral dalam kampanye Sumut menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020 sebagaimana yang telah dicanangkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Karena, lanjut dia, Sumut harus dapat meyakinkan KONI se-Indonesia, bahwa provinsi itu mampu dan layak menjadi tuan rumah PON dan itu tentunya harus dibuktikan dengan peningkatan prestasi atlet di PON 2016 dan lengkapnya sarana prasaran olahraga.

“Tentunya dengan sarana dan prasarana yang ada sekarang ini, masih belum cukup menjadi modal bagi kita sebagai tuan rumah PON. Nah ini yang tentunya harus terus kita tingkatkan, dan sport center yang akan dibangun Pemkot Medan nantinya merupakan salah satu pendukung mewujudkan cita-cita menjadi tuan rumah PON,” katanya.

Lebih lanjut Gus mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan ini prestasi yang ditunjukkan atlet-atlet Kota Medan sudah sangat membanggakan, bahkan tidak sedikit diantaranya yang sudah mampu berbicara pada tingkat internasional.

Tentunya, kata dia, keberhasilan tersebut selain hasil kerja keras atlet dalam menjalankan latihan secara intensif, juga tidak terlepas dari perhatian yang cukup besar dari KONI Medan, Pemkot Medan dan DPRD Medan.

Diantaranya dengan menganggarkan alokasi dana untuk pembinaan olaharaga di daerah itu, karena tanpa adanya dukungan dana, prestasi olahraga tentunya akan sulit berkembang, terlebih lagi dalam upaya mewujudkan Medan Kota atlet tahun 2016.

“Kami yakin pengurus KONI Medan yang baru dilantik ini, mampu lebih meningkatkan lagi prestasi olahraga di daerah ini. Kami juga yakin KONI Medan mampu menjadi yang terbaik di Sumut bahkan di Indonesia dan tentunya ini harus diwujudkan dengan kerjasama yang baik antar sesama pengurus,” katanya.

Walikota Medan Rahudman Harahap mengatakan mulai tahun 2013 akan dilakukan berbagai pembangunan sarana prasana olahraga sebagai salah satu upaya mewujudkan peningkatan prestasi atlet dan juga demi mewujudkan cita-cita menjadikan Medan kota atlet 2016.

“Pengadaaan lahannya sudah kita persiapkan, apakah kemungkinan akan dibuat di Medan Marelan atau daerah lainnya. Pembangunan sarana dan prasarana ini akan kita lakukan secara bertahap,” katanya.
Pada bagian lain ia mengatakan meski dewasa ini kemajuan olahraga di Medan mengalami peningkatan, namun ia berharap berbagai pihak terutama KONI Medan untuk tetap melakukan berbagai evaluasi demi lebih meningkatnya prestasi olahraga di daerah itu.

Ia juga menyarankan setiap Pengcab olahraga lebih memperbanyak menggelar berbagai kejuaraan dengan menggandeng pemangku kepentingan lainnya, seperti Kejari, Polresta, Lanud maupun instansi swasta lainnya.

“Ingat moto Kota Medan yakni Medan Hari Ini Lebih Baik dari Hari Kemarin dan Hari Esok Lebih Cerah dari Hari Ini”. Motto ini harus benar-benar kita jalankan termasuk juga di bidang olahraga,” katanya.

Sebelumnya Ketua KONI Medan yang baru dilantik Zulhifzi Lubis mengatakan adanya sport center nantinya merupakan dambaan setiap insan olahraga di daerah itu, karena dengan demikian pembinaan atlet akan lebih terkonsentrasi.

Dalam menjalankan amanah empat tahun kedepan, kata dia, pihaknya juga telah mencanangkan bahwa olahraga menjadi pekerjaan, baik bagi atlet maupun bagi pelatih.

“Dengan demikian diharapkan atlet dan pelatih akan lebih fokus lagi dalam berlatih demi mencapai prestasi maksimal nantinya. Ini tentunya akan terwujud jika mendapat dukungan penuh dari semua pihak, baik Pemkot Medan maupun stakeholder lainya,” katanya.(ANTARA)

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
logo koni indonesia