Kurikulum 2013 Sepertinya Sedang Menghadapi Buah Simalakama

Perubahan kurikulum baru semestinya diajukan pada tahun lalu, maka sekarang kita menghadapi buah simalakama, kalau diundur-undur lagi sudah ketinggalan dari globalisasi, namun kalau dipaksakan tahun 2013 siap atau tidak siap karena dikejar globalisasi makadipastikan akan amburadul.

Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR Popong Otje Djundjunan pada saat Rapat dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan pakar pendidkan Prof. Dr. S. Hamid Hasan di ruang rapat komisi X DPR Senayan, Selasa (22/1) siang.

Popong Otje Djundjunan menambahkan, kita akan tetap melaksanakan Ujian Nasional (UN), namun jika kurikulum ini diterapkan yang jelas-jelas berbedadengan KTSP, berarti dalam UN tersebut harus ada perubahan karena di kurikulum 2013 ini yang di tekankan adalah pemikiran, kreatifitas, dan pendapat.

Hamid Hasan mengemukakan, secara teknis, kurikulum 2013 dikembangkan dengan menerapkan banyak prinsip pengembangan kurikulum, antara lain kurikulum adalah rancangan untuk satu satuan pendidikan bukn daftar mata pelajaran, desian kurikulum kopetensi yang konsisten, memberi perhatian yang seimbang antara “soft-skills dan hard-skills”.

Dia mengemukakan, proses akselerasi lulusan kurikulum 2013 memberikan kesempatan yang baik bagi bangsa Indonesia untuk mengejar ketinggalan dalam mempersiapkan bangsa menghadapi gelombang globalisasi dan pasar bebas tahun 2020.

Dengan akselerasi internal implementasi di SMP dan SMA/SMK, perguruan tinggi akan segera menerima lulusan SMA/SMK sebagai calon mahasiswa hasil kurikulum 2013 yang berkualitas lebih tinggi karena mereka memilih mapel pendalaman yang memang dipersiapkan untuk ke perguruan tinggi.

Hamid Hasan juga mengatakan, dengan adanya akselerasi internaldi SMP dan SMA/SMK, implementasi kurikulum 2013 pada tahun kedua (2014-2015) dan tahun ketiga (2915-2016) dapat sepenuhnya difokuskan pada persiapan guru, Kepala Sekolah dan pengawas SD sehingga pada tahun ketiga implementasi kurikulum 2913 seluruh sekolah dan seluruh kelas SD, SMP, SMA/SMK telah melaksanakan kurikulum 2013. (Spy).


Konfucius

Author this Article : Konfucius

Konfucius wrote 4270 articles on this Citizen Journalism.

Lulusan Teknik Jogya 1980, aktifitas research & development PT AS, Hobyy mancing2 dan menulis



Artikel ini diakses melalui kata kunci:
kurikulum 2913,Kurikulum 2013 kelas akselerasi
Artikel ini diakses melalui kata kunci:
kurikulum 2913,Kurikulum 2013 kelas akselerasi