full screen background image

5 Syarat Suatu Tempat Jadi Tujuan Wisata di Indonesia

Indonesia memiliki banyak tempat indah yang menarik untuk dikunjungi, sayangnya tak semua siap menjadi destinasi wisata. Ada syaratnya bila suatu tempat ingin menjadi destinasi wisata.

Pengamat: Indonesia Belum Mampu Wujudkan Swasembada Pangan by .Dikatakan Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Firmansyah Rahim, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi suatu tempat untuk bisa menjadi destinasi wisata yang baik.

”Menurut undang-undang, ada empat unsur yang menjadikan suatu destinasi itu destinasi wisata,” kata Firmansyah saat membuka Konsinyering Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Destinasi Melalui Program Destination Management Organization (DMO) di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Unsur yang pertama adalah daya tarik. “Daya tarik wisata bisa dibuat, bisa juga daya tarik yang telah ada di destinasi itu,” tuturnya. Daya tarik tentu perlu ditambah dukungan unsur yang kedua, yaitu aksesibilitas.  “Suatu destinasi harus memiliki transportasi atau akses jalan yang baik menuju tempatnya,” tambahnya.

Masih berkaitan dengan aksesibilitas, unsur ketiga yang dibutuhkan adalah infrastruktur. Infrastruktur di sini dalam artian adalah fasilitas yang menunjang kebutuhan wisatawan. “Dalam hal ini bisa dilakukan oleh hotel, restoran, atau asosiasi seperti ASITA (asosiasi perusahaan perjalanan Indonesia-red) dan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia-red),” kata Firman.

Unsur yang terakhir namun tak kalah penting adalah pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi tersebut. “Masyarakat ini tentu harus paham hospitality agar dapat menjamu wisatawan dengan baik,” ujarnya.

Keempat unsur tersebut diperlengkap dengan satu lagi unsur tambahan. “Perlu adanya marketing, yaitu pemasaran dan pencitraan destinasi. Bila semua hal ini ada, maka pengembangan destinasi tersebut akan berjalan dengan baik,” tutupnya.

Mas Aksan liked this post