full screen background image

Harga Minyak Mentah Sawit (CPO) Cenderung Melemah

Harga minyak sawit mentah (CPO) di pasar dalam negeri berfluktuasi dengan tren melemah atau di kisaran Rp7.900-Rp8.700 per kg.

“Harga yang tren menurun itu mengikuti harga ekspor yang juga cenderung melemah sebagai dampak krisis global yang masih dirasakan,” kata Bendahara Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Laksamana Adiyaksa, di Medan, Kamis.

Pada 15 Agustus misalnya, tender CPO di Kantor Pemasaran Bersama (KPB) PT Perkebunaan Nusantara ditutup pada harga Rp7.946 per kg dan naik menjadi Rp8.708 per kg pada 27 Agustus.

Namun kemudian harga CPO itu melemah lagi pada 28 Agustus atau tinggal Rp8.558 per kg.

Krisis global yang masih terjadi khususnya di negara Eropa membuat harga sejumlah komoditas berfluktuasi dengan tren melemah dengan permintaan yang juga turun. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno, menyebutkan, penurunan harga dan volume ekspor CPO terlihat pada turunnya nilai ekspor golongan lemak dan minyak hewan/nabati Sumut di semester I 2012 sebesar 6,51 persen.

Kalau semester I 2011 devisa dari golongan barang itu masih bisa mencapai 2,121 miliar dolar AS, maka di periode sama tahun ini tinggal 1,983 miliar dolar AS. Penurunan ekspor CPO terlihat terjadi ke negara Eropa dan termasuk China yang perekonomiannya terlihat melambat.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
tren harga minyak nabati