full screen background image

Tips Memilih Komik Yang Aman Untuk Anak

tips-memilih-komik-yang-amanSegudang manfaat komik

Inilah beberapa manfaat yang bisa didapat anak dari membaca komik.

Merangsang imanjinasi dan kreativitas

Lewat gambar dan cerita yang disajikan, komik dapat merangsang imajinasi anak. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya kreativitas anak karena ia aktif membiasakan otaknya bekerja. Imajinasi dan kreativitas yang terangsang dengan baik ini pun sangat penting untuk meningkatkan potensi kerja otak kelak saat dewasa.

Pendidikan Moral

Banyak pesan moral yang disampaikan didalam komik . Misalnya, tentang kejahatan yang akan merugikan banyak orang dan akan selalu kalah oleh kebaikan , Tentang kesetiakawanan, empati, ringan tangan, dan sebagainya. Pada anak tertentu , terutama yang suka membaca komik , pesan-pesan moral lewat komik bias sangat efektif dibandingkan lewat kata-kata.

Penyemangat  Anak

Banyak tokoh yang disajikan didalam komik . kita bisa ambil tokoh-tokoh tersebut  sebagai penyemangat anak untuk belajar , berbuat baik, meningkatkan prestasi dan lainya. Komik tentang si  genius yang berhasil menemukan formula ajaib, Misal, Formula tersebut bisa digunakan sebagai obat penyembuh penyakit. Nah, kita bisa menyemangati anak kalau ingin pintar seperti tokoh di dalam komik , maka ia harus belajar sungguh-sungguh.

Sosialisasi

Jika anak suka mengoleksi komik, kita bisa mengajaknya bergabung dengan komunitas perkomikan . kalau ia suka sekali dengan komik manga, ajak ia bergabung dengan komunitas pecinta manga, nah , disini bisa menjadi ajang bersosialisasi anak. Ia pun bisa saling bertukar pinjam komik koleksi dengan sesama pecinta komik. Ia juga bisa belajar bagaimana mengatur komik-komiknya , menyusun, memeliharanya, dan sebagainya.

 

TIPS :

Agar anak tetap mendapatkan manfaat dan terhindar dari dampak negatifnya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1.Orang tua perlu memahami dunia komik, tak harus membaca keseluruhan komik namun memahami komik mana yang aman dan tidak aman untuk anak. Saat ke toko buku , tanyakan ke penjaga komik , komik mana yang ramah anak, tidak ada adegan kekerasan dan seksual misalnya.

2. Cobalah membaca komik bersama anak .lihat gambar dan alur ceritanya , apakah memang sesuai dengan usia anak atau tidak . sebaiknya tidak berusaha menyelidiki, melainkan membaca  saja bersama-sama. Jika  melihat ada yang kurang pas, bisa mengusulkan komik yang lain . â??Komik yang itu sepertinya lebih bagus, kita ganti bukunya yuk!â? missal.

3. Mungkin anak membeli sendiri komiknya , tak usah dilarang , hanya mungkin perlu dipantau saja. Jika komik yang ia beli aman , berilah pujian . â??Komik yang ini bagus lo, besok-besok beli yang seperti ini lagi ya!â?jika ternyata ia membeli komik yang taka man , usulkan untuk menggantinya dengan komik yang lebih aman.