full screen background image

836 Karateka Bersaing di Kejurda Inkanas Sumut

Oleh Juraidi
Medan, 5/4  – Sebanyak 836 karateka turut meramaikan kejuaraan daerah karate VII/2013 yang digelar Pengurus Daerah Perguruan Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Sumatera Utara, 5-7 April 2013 di Gelanggang Remaja Medan.

karate (1)“Dari 800 karateka yang diperkirakan ikut ambil bagian di kejurda ini, jumlah peserta menjadi 836 karateka yang berasal dari 79 dojo se-Sumut,” kata Ketua Panitia Kejurda Jhoni Hasman di Medan, Jumat.

Jumlah peserta yang melebihi target tersebut menunjukkan bahwa perkembangan Inkanas di Sumut cukup signifikan. Kejurda ini juga dijadikan sebagai ajang evaluasi pembinaan, sekaligus untuk menyusun ranking karateka Inkanas Sumut.

Ia juga berharap melalui kejurda yang memiliki tema “Melalui Kejurda Inkanas Sumut ke-VII Kita Bina Generasi yang tangguh dan berkualitas” akan semakin banyak muncul karateka-karateka yang membawa nama Sumut berkibar dikancah nasional dan internasional.

Kejurda yang untuk kedelapan kali digelar ini, mempertandingkan kelas kata dan kumite, dengan kategori usia dini, pra pemula, cadet, junior, senior, dan TNI/Polri.

Atlet dari kalangan TNI/Porli juga diharapkan nantinya dapat mendongkrak prestasi Inkanas Sumut pada kejurnas nanti.

Setiap karateka yang mencapai langkah babak delapan besar pada setiap kelasnya, berhak mengikuti Sirkuit Inkanas Sumut yang digelar setiap bulan. Atlet terbaik dalam sirkuit nantinya dipersiapkan menghadapi event-event nasional dan internasional.

“Agenda event nasional terdekat adalah mengikuti Kejurnas Inkanas di Bengkulu, Juni 2013.Tahun lalu, Inkanas Sumut tampil sebagai juara umum ketiga dan berharap tahun ini bisa memperbaiki prestasi,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian Inkanas Sumut, Tobrani Siregar mengatakan selama ini karateka Inkanas Medan dan sekitarnya masih mendominasi lahirnya atlet berprestasi. Untuk itu, dengan adanya kejurda ini diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet andal baru dari luar Kota Medan.

“Ke depan kita berharap daerah lain juga melahirkan atlet berprestasi. Apalagi kita punya program pengiriman atlet berprestasi mengikuti kejuaraan internasional ke luar negeri, jadi kalau bisa atlet dari daerah juga bisa kita kirim,” katanya.

Ia juga berharap melalui kejurda tersebut akan mampu meningkatkan kebersamaan sesama atlet, pelatih, dan pengurus, serta insan Inkanas lainnya, sehingga Inkanas Sumut yang saat ini memiliki sekirat 10 ribu atlet tetap solid dalam meningkatkan pembinaan dan prestasi.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
inkanas sumut