full screen background image

Memunculkan Kembali ‘Personal Hotspot’ Yang Hilang

Beberapa hari ini banyak pembaca yang mengeluhkan hilangnya opsi Personal Hotspot/Internet Tethering di iPhone mereka. Hal itu dikarenakan adanya bug di iOS 5.1. Lalu, bagaimana cara untuk memunculkannya kembali?

 

Personal Hotspot

 

 

Bug hilangnya menu Personal Hotspot cukup mengganggu pengguna yang sering menjadikan iPhone sebagai wireless modem atau USB modem dan terkadang membuat panik. Anehnya, bug ini hanya dialami oleh sedikit pengguna iPhone saja. Untung saja, bug ini dapat diperbaiki dengan mudah. Berikut ada beberapa cara untuk mengembalikan menu Personal Hotspot yang hilang di iPhone kamu,

Lakukan ‘Reset Network Setting’

 

 


Reset Network Settings

 

 

 

Untuk melakukan ‘Reset Network Setting’, luncurkan Settings.app > General > Reset > Reset Network Setting. Pilihan ini akan mengembalikan setting jaringan untuk operator selular yang kamu gunakan ke setting default awal, termasuk setting APN, MMS dan Internet Tethering. Setelah itu, kembali ke menu awal dari Settings.app untuk mendapatkan kembali menu ‘Personal Hotspot’. Jika belum muncul, coba restart ulang iPhone kamu.

Ketik Ulang Konfigurasi APN

 

 

 


Konfigurati Ulang APN

 

 

 

Untuk mengetik ulang konfigurasi APN untuk Personal Hotspot, luncurkan Settings.app > General > Network > Cellular Data Network > ketik ulang konfigurasi di bagian Internet Tethering. Konfigurasi APN bisa didapatkan dari operator/provider selular masing-masing.

Dukungan Operator Selular untuk Personal Hotspot

Satu hal yang paling penting dari fitur Personal Hotspot adalah adanya dukungan dari operator selular yang kamu gunakan di iPhone karena tak semua operator selular memperbolehkan fitur ini diaktifkan. Di Indonesia sendiri, pelanggan XL Axiata tidak dapat menggunakan fitur Personal Hotspot ini. Coba kamu kontak terlebih dahulu  layanan bantuan dari operator selular masing-masing apakah mereka memperbolehkan fitur Personal Hotspot ini aktif ketika menggunakan SIM card mereka.

Semoga dengan cara di atas, menu Personal Hotspot di iPhone anda muncul kembali. Personal Hotspot hanya muncul di iPhone 3GS atau versi yang lebih baru dan dukungan WiFi tethering muncul di iPhone 4 atau versi yang lebih baru.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
personal hotspot hilang,personal hotspot iphone 4 hilang,bagaimana mengembalikan icon personal hotspot di i phone