full screen background image

Kemajuan Teknologi Jepang, Menanam Padi Di Basement Gedung

Sekalipun Jepang adalah negeri yang memiliki kemajuan teknologi yang maju pesat. Mereka tetap tak melupakan sektor pertanian dan perkebunan. sebagian orang Jepang masih mempertahankan persawahan dan mengoptimalkan hasil perkebunan.

Namun ada yang menarik dari teknologi negeri Matahari Terbit ini, jika di Indonesia menanam padi atau sayuran dilakukan di sawah dan ladang, maka di Jepang ada lahan di dalam gedung yang bisa digunakan untuk bercocok tanam. tepatnya Di lantai dasar gedung Nomura yang berlantai 27 di distrik Otemachi, Tokyo mereka menanam berbagai tanaman.

Di areal seluas 1000 m2 tumbuh subur sayuran seperti tomat, strawberi, padi dan tanaman lainnya. Tanaman di tanam dengan sistem hidroponik (cara menanam tanpa media tanah). Disebabkan di dalam gedung di bawah tanah maka sinar mataharipun tidak bisa menembus ke dalam tanaman ini.

Namun dengan teknologinya yang telah maju, sebagai pengganti cahaya matahari, kebun dibawah tanah ini di suplai oleh lampu seperti LED, dan high-pressure sodium vapor lamps. Semuanya di kendalikan oleh komputer sehingga baik cahaya maupun temperatur sangat mirip dengan kebun aslinya.

Selain itu, proyek yang telah dijalankan sejak tahun 2005 ini juga digunakan sebagai tempat untuk berbagai percobaan, pelatihan hingga digunakan untuk tujuan wisata teknologi pertanian. Hingga saat ini lahan percobaan seperti ini sudah ada di sembilan lantai dasar gedung di Tokyo.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
teknologi pertanian di jepang,Kemajuan teknologi jepang,pertanian di jepang,teknologi pertanian Jepang,kemajuan teknologi di jepang,cara menanam padi di jepang,pertanian jepang,sistem pertanian di jepang,bertanam padi dalam gedong,menanam padi di atas gedung jepang