full screen background image

Stride: Screen Lock iOS Anda Dengan Graphic

Photo by AMagill

Photo by AMagill

Pada iOS terdapat fitur Passcode Lock yang berguna untuk mencegah orang lain mengetahui isi dari iPad, iPhone dan iPod touch yang kita miliki. Ada 2 macam fitur pada Passcode Lock, yaitu dengan memasukkan 4 digit angka, atau dengan memasukkan campuran angka, huruf dan karakter lain tanpa batasan digit. Passcode Lock juga dapat diatur agar segera menghapus seluruh data yang terdapat pada iOS setelah 10 kali salah memasukkan password.

Lalu apa yang kurang dari fitur Passcode Lock? Menurut saya pribadi, fitur ini terlalu “biasa”. Pada Cydia, terdapat tweak alternatif pengganti Passcode Lock yang menurut saya memiliki tampilan yang lebih cantik, dan metode yang lebih unik, tweak tersebut bernama Strider. Tweak ini dibuat oleh seorang developer yang bernama Adam Bell (@b3ll). Metode yang digunakan oleh tweak ini adalah, kamu tidak lagi memasukkan angka atau huruf sebagai password, akan tetapi “menggambar” password-mu sendiri.

Fitur

Metode yang dimanfaatkan oleh Stride adalah gestures. Dengan menggunakan metode ini, para pengguna dapat membuat password sendiri dengan bentuk yang sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing. Setiap pemasangan password kamu akan diminta untuk melakukan 3 (tiga) kali verifikasi, untuk menjaga kemiripan pada tiap-tiap gesture yang dilakukan. Stride dapat melewati fitur Passcode Lock yang ada dengan mengaktifkan Skip PIN Entry, namun untuk menjaga keamanan saya menyarankan untuk tidak mengaktifkan fitur ini.

Kamu dapat mengaktifkan fitur Multi-shape Password untuk yang ingin membuat password dengan beberapa gesture misalnya, 2 (dua) garis horizontal. Stride juga dapat melewati proses Skip Slide to Unlock, agar pada saat kamu mengaktifkan iDevice, Stride akan langsung muncul. Saat memasukkan gestures Stride pada Lockscreen, kamu akan melihat ikon kecil pada pojok kanan bawah, ikon tersebut adalah Passcode Override. Passcode Override berfungsi untuk menon-aktifkan Stride sementara, dan langsung memasuki Homescreen.

Akhir Kata

Stride bisa kamu dapatkan pada repository BigBoss dengan harga $2.99. Stride tidak melakukan penambahan ikon pada Homescreen kamu, semua pengaturan dapat kamu lakukan pada Settings > Stride. Untuk sementara ini, Stride hanya bisa digunakan pada iPhone dan iPod touch. Pada versi 1.0.1 ini, Stride sedikit memperbaiki terjadinya crash pada saat melakukan reboot dan melakukan peningkatan pada kecepatan gesture.