full screen background image

Masak dengan kayu bakar yang lebih ramah lingkungan dan sekaligus isi ulang baterai gadget


Sering kita lihat bahwa masih banyak warga, terutama yang tinggal di pedesaan memasak dengan kayu bakar, masalahnya tahu sendiri tuh asap yang dihasilkan, buat mata perih dan tentu saja tidak baik untuk kesehatan. BioLite HomeStove adalah kompor khusus yang sumber panasnya menggunakan kayu tetapi yang satu ini menghasilkan sangat sedikit asap dan sekaligus menggunakan kayu jauh lebih sedikit (lihat grafik di bawah).

Keuntungan lainnya, BioLite HomeStove juga sekaligus bisa mengisi ulang baterai gadget karena di bagian samping kompor ini juga terdapat tempat isi ulang yang bisa mengisi ulang beberapa gadget sekaligus dimana sumber listriknya didapat dari konversi panas yang ditimbulkan pada saat memasak. Mungkin sih sebagian orang tidak peduli tentang asap yang ditimbulkan tapi kalau berpikir bahwa ini juga sekaligus bisa menghasilkan sumber listrik, tentu saja BioLite HomeStove akan banyak disukai. :-)
BioLite HomeStove saat ini sudah diuji coba di beberapa negara berkembang seperti India, Ghana, Uganda dan Kenya.
Selain BioLite HomeStove, ada juga BioLite CampStove dimana kompor ini untuk digunakan pada saat berkemah.


Sumber berita
BioLite HomeStove: Clean, Safe and Charge your Gadgets

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
kompor kayu tanpa asap,Membuat kompor kayu tanpa asap,cara membuat kompor kayu bakar,cara membuat kompor kayu tanpa asap,jual kompor kayu untuk kemping


Konfucius

Lulusan Teknik Jogya 1980, aktifitas research & development PT AS, Hobyy mancing2 dan menulis