full screen background image

Cara Mengetahui iPhone SU Atau FU

 

Cara Mengetahui iPhone SU Atau FU
Cara Mengetahui iPhone SU Atau FU

 

Sebelum membeli sebuah iPhone baru, mengetahui perbedaan antara SU (Software Unlocked) atau FU (Factory Unlocked) merupakan pengetahuan yang paling penting. Saya belum pernah membeli iPhone yang SU, tetapi kesulitan yang dihadapi ketika ingin upgrade ke iOS terbaru pasti akan dirasakan apabila Anda mempunyai sebuah iPhone yang SU.

Saya juga sempat mencari cara mengetahui apakah sebuah iPhone itu sudah FU atau belum. Salah satu cara disarankan oleh sesama penulis adalah mengidentifikasi terlebih dahulu dari mana asal iPhone dengan melihat kode produksi, kemudian merujuk ke halaman Apple mengenai para provider.

Saya merasa cara tersebut rada merepotkan dan pasti cara yang lebih sederhana.

Sehari setelah itu, saya menemukan sebuah artikel dari iDownloadBlog yang membahas cara mengetahui apakah sebuah iPhone sudah FU atau belum melalui IMEI. Sebelum mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan, Anda sebaiknya mengetahui fungsi IMEI.

International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah sebuah kode unik yang membedakan antara satu telepon seluler dengan yang lainnya. IMEI biasanya digunakan untuk mengurangi dampak pencurian telepon seluler. Anda bisa meminta setiap provider lokal untuk blokir nomor IMEI sehingga pencuri tidak bisa menggunakannya untuk berkomunikasi. Bahkan dengan menggunakan beberapa software tertentu, lokasi telepon seluler juga bisa dilacak melalui IMEI.

Oleh karena itu, IMEI sebaiknya dicatat dan tidak dibagikan ke pihak lain secara sembarangan. Namun Anda bisa memanfaatkan IMEI untuk melindungi diri Anda ketika membeli iPhone bekas. Minta IMEI dari penjual terlebih dahulu dan periksa apakah iPhone yang dijual adalah hasil curian atau bukan. Biasanya iPhone curian akan diblokir dan tidak dapat digunakan.

Langkah-Langkah Memeriksa Status iPhone

Sekarang Anda mengetahui fungsi IMEI dan berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mengetahui apakah iPhone Anda sudah FU atau belum.

  1. Cari tahu nomor IMEI iPhone Anda. Anda hanya perlu menghubungi *#06# untuk mengetahui IMEI telepon seluler, termasuk iPhone. Nomor IMEI juga bisa dilihat dari Settings > General > About.
  2. Kunjungi IMEI.info dan masukkan nomor IMEI Anda. Situs tersebut termasuk salah satu situs terpercaya sehingga Anda tidak perlu khawatir nomor IMEI Anda akan disalahgunakan.
  3. Situs ini akan menampilkan informasi iPhone Anda. Di bagian bawah terdapat tombol “Free simlock status check”. Tekan tombol tersebut.
  4. Selanjutnya ia akan mencocokkan IMEI Anda dengan database iPhone yang sudah diunlock. Apabila sudah diunlock oleh provider, maka statusnya akan menampilkan “Unlocked”.

Ketika saya mencoba menggunakan iPhone sendiri, hasil yang ditampilkan adalah “False”. Karena iPhone memang sudah dalam keadaan FU, maka hasil tersebut bisa menjadi indikasi bahwa iPhone FU memang tidak disimpan pada database iPhone yang locked. Karena apabila iPhone memang pernah dilock, statusnya hanya kemungkinan “Locked” atau “Unlocked”.

Akhir Kata

Memang sulit untuk membuktikan ketepatan situs tersebut. Jadi saya butuh umpan balik para pembaca untuk memastikan bahwa situs ini bekerja dengan benar. Apakah hasilnya sesuai dengan status iPhone Anda?

Source:

  • iDownloadBlog
  • via Bellamy
Artikel ini diakses melalui kata kunci:
cara mengetahui iphone su atau fu,cara chech speck iphone,cara melacak imey pada iphone,mengetahui iphone curian,situs2 buat cek iphone