full screen background image

Rumor Round Down: Apple Event 23 October

Apple Event tidak lama lagi akan segera dilangsungkan. Gedung perhelatannya sendiri sudah didekorasi oleh Apple. Ini berarti, dalam beberapa jam kedepan, kita akan segera melihat bagaimana rupa dan bentuk dari iPad mini, serta berbagai produk baru Apple lainnya.

Dan kini, MakeMac akan merangkum apa saja yang selama ini diprediksikan bakal hadir dalam acara tersebut.

iPad mini

Kehadiran perangkat ini sudah diprediksikan sejak lama. Meskipun kehadirannya banyak disikapi dengan skeptis oleh sebagian orang, namun sebagian lainnya sangat percaya dari keeksistensian perangkat ini.

Bocoran-bocoran mengenai perangkat ini sendiri bermunculan terus menerus, hingga akhirnya 23 Oktober disebut-sebut sebagai tanggal di mana perangkat ini akan melihat matahari.

Ya, iPad mini, dikabarkan bakal hadir dengan 16 konfigurasi berbeda, dan memiliki layar berukuran 7.85 inci. Selain itu, iPad mini juga dikabarkan menggunakan Lightning, sebuah kabel ajaib yang telah disematkan pada iPhone 5. Mengenai harga, iPad mini sendiri dirumorkan akan dibanderol mulai dari $250.

Sebelumnya, mantan CEO Steve Jobs sempat mengatakan bahwa 9.7 inci merupakan ukuran yang paling pas untuk sebuah tablet, sehingga dari perkataannya tersebut, dapat ditarik kesimpulan jika Apple tidak tertarik untuk membuat tablet dengan ukuran di bawah itu.

iPad classic with Lightning

via 9to5mac

via 9to5mac

Bukankah baru beberapa bulan yang lalu iPad 3rd Gen hadir? Ya, pertanyaan itu tidaklah salah, karena saya juga merupakan salah satu orang yang bertanya seperti itu.

Dikabarkan, iPad 3rd Gen akan dihadirkan kembali dengan beberapa minor updates seperti ketersediaan Lightning, dan penggunaan Global LTE chips seperti iPhone 5. Hal ini pertama kali diungkapkan oleh 9to5mac.

Apple will announce a refreshed version of its full-sized, 9.7-inch Retina display iPad at its media event October 23rd, according to our sources. These people say that the new version of the iPad will retain the same $499, $599, and $699 WiFi-only price points, and the LTE line will retain the current $629, $729, and $829 pricing. With no price changes or additional storage capacities, we believe that the storage options of 16GB, 32GB, and 64GB will also be retained.

9to5mac sendiri juga mengabarkan bahwa harga yang dipatok untuk versi terbaru iPad 3rd Gen ini akan tetap sama seperti harga sebelumnya.

Di luar Lightning dan Global LTE chips, Apple mungkin saja menyematkan Apple A6, menipiskan bentuk iPad 3rd gen karena penggunaan Lightning, dan peningkatan kemampuan baterai, namun belum ada pihak yang memberitakan mengenai hal ini.

MacBook Pro Retina 13

Setelah pada bulan Juni lalu, Apple merilis MacBook Pro 15″ Retina, kini dikabarkan pada event 23 Oktober mendatang Apple juga akan merilis MacBook Pro Retina dengan layar 13 inci.

Dikabarkan oleh 9to5mac, MBP Retina 13“ ini akan memiliki bentuk dan rupa yang sama dengan MBP Retina 15”. Bedanya? Hanya diukuran layar saja.

Mengenai harga, 9to5mac menyebutkan $1,699 untuk versi low-end. Sedangkan untuk MBP Retina 13“, 9to5mac mengatakan bahwa harganya akan lebih mahal $200 – $300 dari MBP Retina 13” low-end.

Alongside the new mini/iPads, Mac Minis, and iMacs, Apple will reveal a 13-inch MacBook Pro with Retina Display on Oct. 23. We have now received pricing information on the base model and the “best” model. We believe the entry model 13-inch Retina MacBook Pro will cost roughly $1,699 at launch, based on wholesale prices we received, while the higher spec model will cost $200 to $300 more.

iMac

Pernah membayangkan jika komputer desktop super besar ini hadir dengan desain yang lebih tipis? Saya baru saja memikirkannya.

Ya, iMac dikabarkan bakal hadir dengan bentuk dan ukuran yang lebih tipis.

The redesigned iMac is said to be considerably thinner than the current form factor, with the machine’s thickness almost impossible to gauge when viewed from the side. The curved rear shell is also said to appear more like a water droplet than the squared-off design seen in the current model.

Kabar ini berembus ketika salah seorang anggota forum WeiPhone (via MacRumors) mempublikasikan foto komponen internal dari produk yang diduga adalah iMac terbaru. Dari foto tersebut, dapat dilihat komponen-komponen seperti hardisk, fan, dan bulatan silver yang menjadi ciri khas iMac.

Mac mini

Selain MBP Retina 13″ dan iMac terbaru, Mac mini juga dikabarkan akan dimutakhirkan pada 23 Oktober mendatang.

Pada berita yang lagi-lagi datang dari 9to5mac, Mac mini baru akan tersedia dalam 3 konfigurasi di mana 2 konfigurasi akan dibedakan dari jumlah storagenya, dan 1 konfigurasi lainnya dibuat untuk menjalankan OS X Server.

Alongside the smaller iPad, Apple plans to announce a new version of its Mac mini. Sources say that these Mac minis will come in two standard configurations, with different storage and processor options, and a third model that runs OS X Server.

These new Mac minis are said to begin shipping immediately after announcement.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga dan apakah ada perubahan desain terhadap Mac mini baru ini.

iTunes 10.8

Pada iPhone 5 event yang lalu, Apple sempat memperkenalkan iTunes terbaru yang dijadwalkan untuk rilis bulan Oktober mendatang.

Dan 23 Oktober besok, diprediksikan Apple bakal merilis iTunes versi baru ini kepada khalayak luas.

Pada iTunes baru ini, Apple menghadirkan tampilan dan beberapa kemampuan baru seperti, Coming Next, Mini Player yang telah dimodifikasi, integrasi dengan iCloud, dan lain-lain.

iBook 3.0

via Mobilenapps

via Mobilenapps

Hal ini pertama kali diketahui oleh iGen(via The Verge), sebuah situs asal Perancis. Mereka menemukan bahwa dalam ketentuan yang terdapat di komik berjudul Largo Winch, dituliskan “ require iBook 3.0 or later”. Dan seperti yang kita tahu, saat ini saja iBook baru tersedia dalam versi 2.2 di App Store.

A new version of Apple’s iBooks reader app appears to have been revealed in an iTunes listing for French comic book Largo Winch. Made available yesterday, issue 18 of the comic claims to require “iBooks 3.0 or later,” while the latest version of the app currently listed by Apple remains 2.2, released almost exactly one month ago.

Terkait hal ini, The Verge berpendapat jika kehadiran iPad mini di event 23 Oktober mendatang semakin jelas saja. Pasalnya, dengan ukuran layar yang lebih kecil, aplikasi-aplikasi tentunya membutuhkan updates untuk menambahkan dukungan terhadap ukuran layar tersebut.

Mari Kita Buktikan

Rumor-rumor ini belum dapat kita pastikan sama sekali kebenarannya. Hal ini baru dapat kita ketahui apabila event nanti sudah selesai diadakan. Nah, kamu sendiri nanti akan mengetahui, rumor mana yang benar dan mana yang hanya sekedar omong kosong belaka.

Dan apakah kamu sangat menginginkan/memerlukan produk-produk diatas? Silahkan berikan pendapatmu di kolom komentar.