full screen background image

Perlukah Mengubah Apple ID Luar Negeri Menjadi Indonesia?

Pemilik Apple ID Indonesia seharusnya tersenyum ketika membaca berita tersedianya iTunes Store di Indonesia. Sekarang mereka bisa membeli musik dan menyewa film melalui iTunes Store.

Tidak semua orang bisa bersabar menunggu iTunes Store tersedia di Indonesia. Mereka yang demikian biasanya sudah membuat Apple ID di negara lain. Agar dapat menggunakan iTunes Store di sebuah negara, misalnya Singapore, Apple ID tersebut harus memiliki alamat dan pembayaran yang valid untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, biasanya orang yang memiliki Apple ID di luar Indonesia memanfaatkan iTunes Gift Card dan alamat palsu demi mengakses kontent seperti buku, film, dan musik.

Seandainya Anda selama ini menggunakan Apple ID di luar Indonesia, maka Anda mungkin sedang mempertimbangkan pemindahan Apple ID tersebut kembali ke negara sendiri. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari memiliki:

  • Satu Apple ID untuk lebih dari satu negara. (Single Apple ID)
  • Satu Apple ID untuk setiap negara. (Multiple Apple ID)

Untuk mempermudah penyebutan nama, saya akan menggunakan istilah Single Apple ID dan Multiple Apple ID seterusnya.

Single Apple ID

Menggunakan ID yang sama berarti cuma mengubah negara yang terhubung dengan Apple ID menjadi Indonesia. Misalnya selama ini Anda menggunakan Apple ID Singapore, maka Anda cukup mengubah informasi Apple ID dan pindahkan ke Indonesia.

Kelebihan

  • Tidak perlu membuat Apple ID tambahan. Berarti tidak perlu membuat email baru.
  • Semua pembelian tersimpan dalam satu Apple ID. Musik, film, buku, dan aplikasi dapat ditemukan dalam satu Apple ID.

Kekurangan

  • Proses pergantian negara yang rumit. Setiap kali mengubah negara, Anda harus menerima Terms & Conditions dan mengisi cara pembayaran yang berlaku di negara bersangkutan.
  • Beresiko diblok Apple karena keseringan mengubah data pribadi. Apple berusaha melindungi pelanggan dari ancaman hack, jadi aktifitas mengganti data pribadi biasanya diperiksa oleh karyawan Apple.
  • Sulit mengunduh kembali konten yang dibeli di negara lain. Seandainya Anda tidak menyimpan semuanya di iTunes, maka untuk mengunduhnya kembali harus mengganti negara. Ribet.
  • Pemantauan In-App Purchases yang rumit. Pembelian di dalam aplikasi atau In-App Purchases hanya bisa dikembalikan pada aplikasi di negara yang sama. Memiliki 2 aplikasi yang sama di 2 negara yang berbeda membuat proses restore menjadi sulit.

Multiple ID

Pilihan lainnya adalah membuat sebuah ID baru di setiap negara. Dengan mempertahankan Apple ID yang sudah ada, Anda bisa membuat sebuah Apple ID baru di Indonesia. Dengan demikian, Anda tetap bisa menggunakan kedua Apple ID secara berdampingan baik di Mac maupun iPhone dan iPad.

Kelebihan

  • Proses perpindahan Apple ID yang lebih sederhana. Dibandingkan Single ID yang harus menerima Terms & Conditions, Anda cukup pilih sign out dan sign in Apple ID yang diinginkan.
  • Akses konten yang lebih beragam. Pada saat ini koleksi musik dan film di iTunes Store Indonesia masih terbatas. Dengan menggunakan 2 akun, Anda bisa mengakses musik yang hanya tersedia pada negara tertentu. Bahkan beberapa film tidak dapat ditemukan di iTunes Store Indonesia dan hanya tersedia di iTunes Store Amerika Serikat.
  • Bisa mengakses purchases history dan download ulang aplikasi dengan lebih mudah. Dibanding hanya menggunakan satu Apple ID di mana perpindahan negara sulit dilakukan dan menghambat proses download ulang, Multiple ID mengizinkan Anda mengunduh kembali semua aplikasi, musik, dan buku yang sudah dibeli.

Kekurangan

  • Tetap beresiko diban karena alamat palsu. Meskipun kemungkinan diblok termasuk kecil dibandingkan mengganti data pribadi.
  • Harga iTunes Gift Card dan konten iTunes Store yang cenderung mahal. Harga sebuah lagu di iTunes Store Amerika Serikat adalah $0.99, sedangkan iTunes Store Indonesia harganya mulai dari Rp. 5.000. Cukup menjelaskan bukan?
  • Sulit update melalui perangkat iOS. Setiap kali ada update aplikasi dari Apple ID yang berbeda, Anda harus mengganti ID dan berpindah Store terlebih dahulu.

Faktor-Faktor Pertimbangan

Sekarang Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan. Pendekatan yang cocok bagi saya belum tentu cocok bagi Anda. Berbagai faktor perlu dipertimbangkan agar Anda tidak membuat Apple ID secara berlebihan.

Konten Yang Sudah Dimiliki

Hal utama yang patut diperhatikan adalah konten. Seandainya Anda sudah memiliki banyak konten berbayar — baik itu musik, buku, aplikasi, maupun film — di iTunes Store luar negeri, maka memindahkan Apple ID ke Indonesia bisa mempersulit pengunduhan kembali konten di masa mendatang.

Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki konten berbayar, maka memindahkan Apple ID ke iTunes Store Indonesia adalah sebuah langkah yang dianjurkan.

Mengakses Purchases History

Apakah Anda ingin lebih mudah menemukan aplikasi yang sudah dibeli? Jika demikian, menggunakan Multiple ID akan membantu Anda melewati proses pergantian negara yang merepotkan.

Konten Yang Tersedia

Setiap iTunes Store memiliki koleksi aplikasi, buku, film, dan musik yang berbeda-beda. Kadangkala sebuah aplikasi hanya tersedia di iTunes Store Amerika Serikat dan tidak dapat ditemukan di iTunes Store Indonesia. Hal ini ditentukan oleh para pengembang dan musisi. Tetapi sampat saat ini, hampir semua konten tersedia di iTunes Store Amerika Serikat tanpa terkecuali.

Akhir Kata

iTunes Store Indonesia merupakan sebuah langkah Apple untuk melengkapi pengalaman menggunakan produk Apple di Indonesia. Apple TV yang dulunya hanya bisa dimanfaatkan untuk AirPlay dan menonton video di YouTube sekarang juga dapat memainkan film-film layar lebar. Semoga saja dengan adanya iTunes Store di Indonesia, para pengguna produk Apple bisa mendukung artis-artist dan pembuat film dengan membeli karya mereka.