full screen background image

Cara Mengaktifkan Gesture Trackpad Drag-Lock Untuk Menggeser Window

Sebelum trackpad MacBook mendukung multitouch. Untuk menggeser window menahan tombol klik kemudian menggesernya melalui sentuhan trackpad, atau menggunakan gesture dua kali tap kemudian menggesernya yang disebut juga sebagai Drag-Lock. Semenjak OS X Lion dan dilanjutkan di Mountain Lion, serta keluarnya Magic Trackpad, Apple mengubah gesture menggeser dengan sentuhan 3 jari. Gesture 3 jari untuk menggeser tidak selalu bekerja dengan semestinya, terutama apabila kamu memakai aplikasi Adobe.

System Preferences Trackpad

Kalau kamu membuka opsi Trackpad di System Preference, tidak ada opsi Dragn-Lock, bukan? Apple tidak menghilangkannya, hanya memindahkannya ke Accesibility. Pemindahan opsi tersebut masuk akal juga, karena bagi yang berkekurangan dragging 3 jari bisa menjadi hambatan.

System Preferences Drag Lock

Bukalah Acesibility di System Preference, kemudian masuk ke bagian Mouse & Trackpad. Klik tombol Tackpad Option, akan muncul pop-up pengaturannya. Aktifkan Enable dragging, kemudian kamu bisa memilih opsi with Drag Lock atau without Drag Lock, bedanya without Drag Lock kamu harus menekan trackpad terus untuk menggeser, dengan with Drag lock tap dua kali untuk mengunci obyek yang akan digeser, untuk melepaskannya tapi sekali lagi.

Drag-Lock bisa aktif berbarengan dengan gesture 3 jari dan bisa digunakan untuk hal lain, bukan hanya untuk window saja. Semoga tips ini berguna bagi pengguna oldskool trackpad.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
cara mengaktifkan air gesture s4,cara mengaktifkan air gesture