full screen background image

PPP Sumut Cantumkan Kader Muda Dalam DCS

Oleh Irwan Arfa

Medan, 22/4 – Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Utara mencantumkan banyak kader muda dalam daftar calon anggota legislatif sementara yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi di Medan, Senin.

jagonya-menang-ppp-senangDari nama-nama yang dimasukkan dalam daftar caleg sementara (DCS) yang diserahkan ke KPU Sumut, sebagian besar di antaranya masih berusia di bawah 50 tahun.

Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumut Fadly Nurzal mengakui banyak kader muda yang dipercaya untuk “bertarung” dalam Pemilu pada 9 April 2014 tersebut.

Banyaknya kader muda tersebut dapat menjadi salah satu bukti jika proses regenerasi di lingkungan PPP Sumut telah berjalan dengan baik.

Proses regenerasi itu telah dijalankan dalam 10 tahun terakhir dengan memberikan ruang yang cukup luas dalam regenerasi partai, baik di kepengurusan partai maupun lembaga legislatif .

Namun, kalangan kader muda tersebut harus memiliki sejumlah persyaratan untuk didaftarkan sebagai caleg yakni kompetensi, kapasitas, dan memiliki jaringan kerja yang baik.

Untuk mendapatkan kader muda yang lebih berkualitas, pihaknya selalu memberikan penguatan dengan training kaderisasi sehingga bisa memiliki bakal caleg yang membanggakan.

“Tidak sekadar muda, harus ada kompetensi berupa kapasitas dan jaringan. Kalau muda saja tanpa kompetensi, kami coret,” katanya.

Secara keseluruhan, PPP mengajukan bakal caleg untuk DPRD Sumut sebanyak 94 orang dengan jumlah keterwakilan perempuan yang persentasenya terpenuhi sesuai ketentuan KPU.

Dalam daftar bakal caleg yang diajukan itu, PPP tidak memasukkan politisi dari parpol lain disebabkan ketatnya proses seleksi dan persyaratan yang ditetapkan.

Selain kapabilitas calon, nama-nama yang dimasukkan dalam DCS tersebut juga harus memiliki kesamaan persepsi dan komitmen dengan PPP sehingga tujuan parpol itu dapat direalisasikan.

Meski telah mempersiapkan kader yang berkualitas, PPP Sumut tidak menetapkan target dalam Pemilu 2014. “Kami tiak menetapkan target tetapi lebih memperkuat konsolidasi” kata Fadly.

Dalam DCS yang disampaikan PPP, dalam Dapem Sumut 1 yang terdiri dari 11 kecamatan di Medan, terdapat nama H Yulizar Parlagutan Lubis, Abdul Rahim Gea, Hj Rawiyah Yus, M Budi Nasution, H Ahmad Parlindungan, Hj Sakina Abdat, M Hasyim Yahya, Zainuddin Nasution, Sri Dewi Yantari, dan Armansyah.

Dapem Sumut 2 yang terdiri dari 10 kecamatan di Medan tercantum nama H Ahmad Hosen Hutagalung, HJ Wardaty Nasution, M Iqbal, Acep Jaya, Fauzant, Lisa Arfianti, dan Eriani Harahap.

Dapem Sumut 3 (Kabupaten Deli Serdang) terdapat nama Jafaruddin Harahap, H Darianto, Fitri Siswaningsih, H Bairus Stawal, Harianto, Yulinawaty, Hasaidin Daulay, Syafruddin, HJ Hermi Harmen, H Ismail Amar, Halina Siregar, danm M Salamuddin Siagian.

Dapem Sumut 4 (Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi), bakal calegnya adalah Faisal Hutabarat, Asniarti Nasution, Driwantara, Ernawati Harris, dan Isna Imelda Lubis.

Selanjutnya Dapem Sumut 5 (Kabupaten Asahan, Batubara, dan Kota Tanjung Balai) tercantum nama Bustami HS, Darwin, Chairani Jumasri, H Nahar Alang Abdul Ghani, Abdul Hakim, HJ Sumiarsih, Ayunda Sabrina, Yusrita, Hendri Dunant, dan Julianto Putra.

Setelah itu, Dapem Sumut 6 (Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, dan Labuhan Batu Selatan), bakal calegnya adalah H Makmur Ritonga, H Ali Ishak Dalimunthe, Wiwik Paridawati, Jonson Sihaloho, Agus Marwan, Evi Ningsih, Putri S Harahap, dan Rudy Amaydar Syahputra Sagala.

Kemudian, Dapem Sumut 7 (Kabupaten Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan Kota Padang Sidempuan) adalah Ahmadan Harahap, H Nuzirwan Lubis, Nurmaida Irawani Siregar, Parulian Siregar, Mahmud Lubis, Elfida Lubis, M Yus Hanafi Siregar, Farida Putri Lubis, dan Samsu Budiman Tanjung.

Selanjutnya, Dapem Sumut 8 (Kabupaten Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, dan Kota Gunung Sitoli) adalah M Ilyas AR, Edy Firman Nasution, dan Susiati Ajayani.

Setelah itu, Dapem Sumut 9 (Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, dan Kota Sibolga), adalah M Soleh Tanjung, Tazmir Panggabean, T Husnah Sahara, Hakamuddin Halim, Hj Fatimah, dan Siti Latifah.

Dapem Sumut 10 (Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar), terdapat nama DTM Abdul Hasan Maturidi, Jon Masren Saragih, Rahmadani Hidayatin,Azrai Harahap, Ahmady Syahputra Purba, Hj Nusriana Purba, Akhyar Adlani Siregar, dan Mulyani.

Untuk Dapem Sumut 11 (Kabupaten Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat), terdapat nama Syirwan Hazzly Nasution, Dedy Suhairi, Refiza Nasution, Hanafi Hasibuan, dan Mega Yanti.

Sedangkan Dapem Sumut 12 (Kabupaten Langkat dan Kota Binjai) adalah Andy Jaya Matondang, Aswan Jaya, Fithrie Mulyani, TA Saladin DP, Ibrahim Audah, Farida Hayati, Sri Bambang Adi Syahputra, Zulhafnita, Syamsu Rizal, dan Chairul Ahyar. (Antara)