full screen background image

Pilkada Lima Kabupaten di Sumut September 2013

Proses pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak di lima kabupaten di Provinsi Sumatera Utara akan diselenggarakan pada September 2013.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Irham Buana Nasution di Medan, Jumat, mengatakan lima kabupaten yang akan mengikuti pilkada pada September itu adalah Deli Serdang, Langkat, Dairi, Tapanuli Utara, dan Padang Lawas.

Jadwal pemungutan suara tersebut ditetapkan karena masa jabatan bupati di lima daerah itu akan berakhir pada awal 2014.

Sedangkan jadwal pilkada untuk dua kabupaten lain yakni Batubara dan Padang Lawas Utara yang masuk dalam rencana pilkada serentak akan dilaksanakan lebih cepat.

Hal itu disebabkan masa jabatan kepala daerah di dua kabupaten tersebut akan berakhir pada akhir 2013 sehingga harus dipercepat untuk menjaga berbagai kemungkinan.

“Pilkada di dua daerah itu mungkin lebih cepat. Mungkin saja (dilaksanakan pada) Agustus,” katanya.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu payung hukum berupa peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) yang mengatur percepatan dan rencana pelaksanaan pilkada di tujuh kabupaten di Sumut itu.

Secara teknis, anggota KPU di tujuh kabupaten tersebut telah memiliki kesiapan untuk menyelenggarakan pilkada serentak dengan menyusun berbagai tahapan yang dibutuhkan.

Bahkan, anggaran untuk pelaksanaan pilkada tersebut juga telah dibahas dan dialokasikan melalui APBD di kabupaten masing-masing.

“Jadi, kita hanya tinggal menunggu Perppu saja. Semuanya sudah siap,” kata mantan Direktur LBH Medan itu.(Antara)