full screen background image

Perangi Kemiskinan, Hatta Ajak Semua Menteri Kompak

JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa dalam rapat koordinasi yang digelar Kamis (10/1) meminta seluruh kementerian untuk bekerjasama dengan baik guna menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Menurutnya, angka kemiskinan harus bisa sepatnya dikurangi. Kita sudah memutuskan pada rapat tingkat II Menko untuk menurunkan dan menuntaskan kemiskinan dengan menjalankan sejumlah agenda-agenda kerja, ujar Hatta usai melakukan rakor di kantornya, Jakarta (Kamis, 10/1).

Dijelaskannya, agenda-agenda itu menempatkan daerah-daerah tertentu di seluruh Indonesia untuk fokus mengurangi angka kemiskinan. Dan kita mewakili seluruh koridor dengan quick win (program kerja cepat yang dapat lakukan perbaikan). Agenda aksi akan kita lakukan segera, sehingga capaian-capaian kami dapat segera terlaksana. Dan cukup signifikan, papar Hatta.

Selain itu, untuk menurunkan angka kemiskinan maka ke depan pemerintah terus berupaya meningkatkan job creation hingga 1 juta lapangan pekerjaan. Itu (job creation) kita lakukan di tengah situasi eksternal yang kurang menguntungkan ini, terangnya. Karenanya menteri yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga berjanji, semua proyek-proyek investasi baik yang termasuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) maupun non-MP3KI yang masih terkait dengan kemiskinan di Indonesia, akan secepatnya diselesaikan. Kapital intensif sekarang mulai meningkat. Kita harus pandai untuk menggabungkan program-program kita dengan kewirausahaan, harap Hatta. (chi/jpnn)