full screen background image

KPU Sumut Tunggu Tanggapan Dari Masyarakat

Oleh Irwan Arfa

Medan, 11/6 – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara akan mengumumkan dan mempublikasikan nama bakal calon anggota legislatif dalam daftar caleg sementara, untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat.

kpu-merasa-tidak-pernah-dipanggil-bawasluDalam penyerahan hasil verifikasi kepada perwakilan parpol di Medan, Selasa, Ketua Komisi Pemilihan Umum Surya Perdana mengatakan, pengumuman dan publikasi nama bakal caleg tersebut akan dilakukan pada 13-17 Juni 2013.

Dari penghitungan secara keseluruhan, pihaknya mencatat jumlah bakal caleg untuk DPRD Sumut berjumlah 1.179 orang dengan keterwakilan perempuan sebanyak 421 orang.

Setelah pengumuman dan publikasi daftar caleg sementara (DCS) tersebut, pihaknya menunggu tanggapan dari masyarakat mengenai kriteria dan kualitas seluruh bakal caleg hingga 24 Juni 2013.

Jika mandapat respons negatif mengenai bakal caleg tertentu, pihaknya akan meminta klarifikasi ke pengurus parpol yang bersangkutan pada 28 Juni hingga 4 Juli 2013.

Jika tanggapan negatif dari masyarakat itu benar, maka pengurus parpol dapat melakukan pergantian bakal caleg tersebut untuk dimasukkan dalam DCS.

“Parpol masih dapat mengganti bakal calegnya dengan nomor urut yang sama,” katanya.

Menurut dia, pergantian bakal caleg yang akan dicantumkan dalam DCS tersebut dapat dilakukan pengurus pada 25 Juli hingga 1 Agustus 2013.

Setelah pergantian tersebut, pihaknya akan mengumumkan bakal caleg yang akan dimasukkan dalam daftar caleg tetap (DCT) pada 23-25 Agustus dan berhak menguikuti Pemilu 2014.

Ia mengatakan, pengumuman dan publikasi bakal caleg dalam DCS tersebut akan dilakukan di sejumlah media, baik media massa, papan pengumuman KPU mau pun website KPU.

Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat dapat memberikan partisipasi dan penilaiannya agar Pemilu 2014 nantinya akan diikuti bakal caleg yang berkualitas dan berintegritas. (Antara)

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
pengumuman dct caleg,nama dcs caleg dprd su 2014