full screen background image

Jokowi Puji Kiprah Taufiq Kiemas soal Empat Pilar

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menganggap penanaman nilai-nilai 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sangatlah penting. Pasalnya, empat pilar ini merupakan identitas bangsa Indonesia.

tk“Sebuah negara kalau nggak punya pegangan akan mudah kena angin. Terjangan budaya barat, terjangan gelombang ekonomi, harus punya pegangan. Ini sama dengan membangun brand kan,” kata Jokowi ¬†usai menghadiri acara penganugerahan gelar doktor kehormatan untuk Taufiq Kiemas di gedung DPR/MPR RI, Senayan, Minggu (10/3).

Menurut Jokowi, Ketua MPR RI Taufiq layak mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Trisakti atas usahanya mempromosikan 4 Pilar Kebangsaan. Sebab, Taufiq dinilai aktif mendorong upaya penanaman nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat. Jokowi pun berharap, penanaman nilai 4 Pilar Kebangsaan bisa dilakukan sejak dini di bangku sekolah, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

“Saya tentu saja ikut senang karena beliau (Taufiq, red) diberi anugerah doktor kehormatan dari Universitas Trisakti, dan yang disampaikan adalah mengenai empat pilar dan ini penting sekali bagi bangsa dan negara ini,” ujar mantan Wali Kota Surakarta itu.

Seperti diberitakan, tadi siang Taufiq Kiemas dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Universitas Trisakti atas upayanya mempromosikan 4 Pilar Kebangsaan. Acara penganugerahan dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang juga istri Taufik. Turut hadir, Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono. (dil/jpnn)