full screen background image

Gunung Merapi di Sumatera Barat Semburkan ASAP HITAM TEBAL

Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanah datar dan Agam, Sumatera Barat, pada Rabu pagi (5/9) menyemburkan asap tebal. Semburan asap dari gunung berketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (m dpl) itu terjadi dua kali pada sekitar pukul 06.45 WIB dan sekitar pukul 07.15 WIB.

Sejak terjadinya peningkatan aktivitas pada 3 Agustus 2011, gunung hampir setiap hari mengeluarkan asap. “Hampir setiap pagi dan sore gunung tersebut terlihat menyemburkan asap. Tiga hari terakhir gunung tidak terlihat mengeluarkan asap karena tertutup kabut,” ungkap Eri salah satu warga Limo Suku.

Saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan status Waspada (level II) pada gunung itu. Kawasan Gunung Marapi merupakan area konservasi di Sumbar, yakni Suaka Alam Merapi. Saat kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan pendaki dari dalam maupun luar Sumatera Barat. Dalam catatan, terhitung sejak akhir abad 18 hingga 2008 tercatat sudah 454 kali meletus, 50 di antaranya dalam skala besar. Saat dalam status siaga, Kota Bukittinggi merupakan salah satu daerah evakuasi.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
gunung merapi bukittinggi meletus 2012
Haikal Widjaya liked this post