full screen background image

Ruhut Sitompul Dukungan Istri SBY Capres 2014 Semakin Kuat

Jakarta – Sinyalemen dukungan terhadap istri Presiden SBY, Ani Yudhoyono untuk maju sebagai kandidat Calon Presiden Republik Indonesia (Capres) 2014 tampak semakin kuat. Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Ruhut Sitompul merasa percaya diri dengan munculnya nama Ani Yudhoyono sebagai salah satu kandidat Capres 2014. Ia menilai Ani Yudhoyono sebagai kandidat yang kuat. Pernyataan Ruhut selaku Ketua DPP Bidang Kominfo yang memuji-muji sosok Ibu Negara Ani Yudhoyono adalah sebuah isyarat bahwa Demokrat menjadikan Ani Yudhoyono sebagai salah satu opsi kandidat Capres 2014 dari partai berlambang mercy biru itu.

Ruhut Sitompul mengatakan, bahwa setiap kader Partai Demokrat memiliki hak untuk mengusulkan siapa yang menurutnya pantas menjadi kandidat Capres 2014, termasuk mengusulkan nama nama Ani Yudhoyono, meski SBY selaku Ketua Dewan Pembina pernah mengatakan tidak akan mencalonkan dari keluarganya. “Kalau ada yang menyerukan ibu Ani jadi capres, itu suara kader. Saya kira sah-sah saja,” ujar Ruhut, di Jakarta, Rabu (16/5/2012).

Ruhut bahkan memuji-muji sosok Ani Yudhoyono dengan mengatakan bahwa kesuksesan Presiden SBY dalam memimpin negara ini selama dua periode adalah berkat campur tangan dari Ibu Negara Ani Yudhoyono. “Banyak ide brilian dari ibu negara. Sukses SBY campur tangan ibu Ani juga,” tandasnya.

Menurut Ruhut, jika memang Ani Yudhoyono dipercaya, maka usulan para kader Demokrat yang menginginkan Ibu Ani sebagai kandidat Capres 2014 adalah sesuatu yang perlu untuk dipertimbangkan dan jangan dipandang sebelah mata. Sebab kesuksesan SBY memimpin negara selama dua periode ini juga karena campur tangan istrinya itu.”Ibu Ani kan ibu negara. Jangan dipandang sebelah mata,” kata Ruhut.

Lebih lanjut lagi, Ruhut Sitompul menilai Ani Yudhoyono merupakan sosok yang memiliki pemikiran yang cerdas sebagai seorang negarawan. “Ibu Ani banyak ide brilian dari beliau waktu bapak (SBY, red.) jadi presiden, beliau juga putri tokoh militer Sarwo Edhi, sangat bersih,” ujar Ruhut.

Namun, menurutnya, pendapat-pendapat apapun yang disampaikan dari kader maupun dari dirinya hanyalah merupakan sebuah masukan saja. Sedangkan keputusan akhir terkait kandidat calon presiden berada di majelis tinggi partai. “Saya hanya memohon, sudah ada aturannya, apalagi sudah ada yang menawarkan konvensi, apa itu kaitan capres, majelis tinggi itulah nanti yang akan memutuskan, kaitan dengan Ibu Ani, silakan saja, tapi harus patuh keputusan partai,” katanya.

Ruhut juga mengatakan bahwa Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono selalu menghormati pendapat dan usulan kandidat Capres 2014 yang diajukan oleh kader. Namun saat ini SBY menginstruksi kepada seluruh kadernya untuk fokus bekerja dahulu. “Pak SBY ini sangat menghormati demokrasi.” ujarnya.

Ruhut menceritakan tanggapan SBY terkait usulan kader Demokrat terhadap Ani Yudhoyono sebagai Capres, menurutnya SBY mengatakan: “Pak Ruhut kita bekerja saja dulu untuk rakyat.” Kemudian Ruhut bertanya lagi: “Pak, kalau kehendak rakyat?” Maka SBY menjawab: “Ya sudah jangan keluarga saya,” tuturnya.