full screen background image

Peneliti Lembaga Riset : Meminta Pemerintah Buat Peta Potensi Konflik Nasional

ilustrasi-konflik-nasionalJakarta| Konflik antara warga Desa Bali Nuraga Way Panji dan Desa Agom, Kalianda, Lampung Selatan, merupakan konflik horizontal yang sangat disesalkan terjadi. Terlebih, bentrokan tersebut dipicu oleh masalah sepele.

“Aparat harus melakukan koordinasi secara lintas sektor perlu untuk menghentikan ketegangan konflik yang terjadi, mencegah kembali jatuhnya korban dan melokalisir agar tidak meluas,” kata Peneliti pada Lembaga Riset Partisipasi Indonesia, Arie Ariyanto di Jakarta, Kamis (1/11/2012).

Dia mengatakan, langkah cepat yang menjadi tanggung jawab aparat itu perlu dukungan dan partisipasi semua pihak, agar terjadi eliminasi dari berbagai kemungkinan kepentingan.

“Ke depan pemerintah dalam hal ini Menko Polhukam perlu membuat peta potensi konflik dari berbagai dimensi dan sudut pandang unt memudahkan langkah dan pencegahan dini,” tandasnya.

Menurutnya, peta potensi konflik tersebut bisa menjadi panduan dan untuk juga bersama.

“Selain itu peta potensi konflik tersebut bisa menjadi panduan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi terwujudnya stabilitas dan ketentraman nasional, dengan berbagai proporsinya,” pungkasnya.(*)

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
lembaga pembuat peta