full screen background image

Gmail Diserang Hacker Negara China, Pemberitahuan Google

CALIFORNIA – Pengguna Gmail diminta waspada masuknya virus melalui akun email mereka. Peringatan tersebut disampaikan Google terkait kecurigaan adanya hacker yang diduga disponsori negara tertentu untuk menyebarkan virus.

Perusahaan berbasis di California itu mengungkapkan, sistem peringatan baru Selasa (5/6) memberikan informasi kepada para pengguna Gmail terkait ancaman tersebut. Seperti dilansir VOA, Google mendeteksi banyak pengguna Gmail yang berbasis di Tiongkok melaporkan menerima peringatan itu dalam bentuk pesan yang menonjol di atas akun email mereka.

Peringatan serupa juga dikabarkan muncul pada akun pengguna Gmail di Amerika dan Jepang. Dijelaskan, meski munculnya peringatan itu tidak selalu berarti akun tersebut telah dibajak, tetapi hal itu menunjukkan kemungkinan akun tersebut telah dijadikan sasaran serangan. Raksasa mesin pencarian itu menganjurkan para pemilik akun Gmail untuk menciptakan password yang kuat dan memastikan keamanan akun mereka.

Juga antisipasi keamanan lainnya untuk pencegahan. Tidak disebutkan secara jelas bagaimana dugaan serangan itu disponsori pemerintah atau kelompok yang disponsori negara. Namun, banyak analis teknologi berpendapat kemungkinan ini merupakan babak baru dalam sengketa Google dan Tiongkok yang sudah berlangsung sejak lama.