full screen background image

Semarak Ramadhan Dengan Serangkaian Kegiatan Spensa Muntilan

Mengakhiri rangkaian kegiatan belajar mengajar ramadhan 1433 H, SMP Negeri 1 Muntilan menggelar  Ramadhan Expo bertajuk “Semarak Ramadhan, Nuansa Kemerdekaan” pada Sabtu, 11 Agustus 2012 bertempat di Aula sekolah. Rangkaian kegiatan tersebut berisi kegiatan Grand Final Lomba Baca Puisi, Geguritan, dan Pemilihan Dai Cilik (Pildacil). Selain itu, juga dilakukan pengumuman kejuaraan lomba yang sudah dilaksanakan sejak awal ramadhan diantaranya Lomba Mading, cerpen, adzan, kaligrafi, dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)

Semarak Ramadhan

“Rangkaian kegiatan ramadhan yang berupa pesantren kilat dilaksanakan selama sebulan penuh sejak awal ramadhan. Nuansa religius dimulai sejak pagi dengan tadarus, pembiasaan shalat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah. Kegiatan pendampingan ruhani dilakukan setiap jumat menjelang jumatan dan kegiatan Spiritual Building Training (SBT) untuk siswa kelas IX.” Demikian disampaikan Reny Witulasari Sismi, salah satu Panitia Ramadhan dari KKN-PPL Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan “Semarak Ramadhan” ini berjalan cukup meriah dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Sekolah, yang diwakili oleh Wakasek Kurikulum Bapak Yulianto, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengajak seluruh sivitas akademika SMPNegeri 1 Muntilan untuk memanfaatkan momentum ramadhan untuk beribadah semaksimal mungkin dengan mengukir prestasi yang membanggakan. “Ramadhan bulan semangat, bukan untuk bermalas-malasan.” Papar beliau.

Dimulai dengan pementasan finalis lomba puisi dan geguritan, acara semakin meriah dengan riuh penonton yang mendukung idolanya. Para finalis tampil maksimal mendeklamasikan puisi dan geguritan yang mereka gubah sendiri. Penggunaan kostum, tata panggung, dan gerak mimik yang dipertunjukkan berhasil memukau para dewan juri yang terdiri dari guru Bahasa Jawa, guru Bahasa Indonesia, dan Mahasiswa KKN-PPL dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Semarang.

Band sekolah “Paku Teyeng” ikut meramaikan “Semarak Ramadhan” dengan menampilkan hits religi yang sudah familiar bagi penonton. Panggung berubah menjadi konser musik bertabur tepuk tangan. Penonton pun ikut serta menyumbangkan lagu sehingga membuat suasana semakin meriah. Teriakan histeris penonton semakin menjadi ketika tim KKN-PPL UNY yang tergabung dalam “Kelam Band” ikut membawakan lagu rock religi Seandainya yang dipopulerkan band Gigi.

Semarak terus berlanjut dengan Grand Final Pemilihan Dai Cilik (Pildacil). Dua belas finalis berlomba menunjukkan kebolehannya berdakwah. Tampilan unik, nyentrik sungguh diluar dugaan.Layaknya dai profesional, para finalis fasih melantunkan ayat-ayat Quran dan memberikan nasihat para audiens.

Acara diakhiri pukul 12.30 WIB dengan penampilan grup band guru dan karyawan mengiringi prosesi pengumuman kejuaran dan penyerahan hadiah kejuaraan. Kedekatan dan kebersamaan yang terbangun antar warga sekolah sungguh terasa. Kegiatan ini pula menjadi kegiatan belajar mengajar efektif terakhir sebelum libur akhir ramadhan dan idul fitri. Kebersamaan ini  sungguh berbekas tidak hanya pada para juara tapi seluruh sivitas akademika. Semarak Ramadhan Nuansa Kemerdekaan.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
sambutan semarak ramadha