full screen background image

Pentingnya Peran Media dalam Kembangkan Potensi Budaya Daerah

temu-redaktur-1Jakarta| Peran media sangat penting dalam mengembangkan potensi budaya yang ada di setiap daerah di Indonesia. Untuk itu, di setiap media cetak terbitan lokal maupun nasional disediakan ruang atau rubrikasi khusus tentang kebudayaan.

Demikian dikatakan oleh Sundari, Redaktur Cenderawasi Pos Papua, ketika menyampaikan pandangan umum tentang topik halaman budaya yang cenderung merosot, saat kegiatan Temu Redaktur Budaya se-Indonesia, Selasa (09/10/2012), yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Hotel Atlet Century, Jakarta.

“Kami menyediakan kolom khusus tentang budaya. Dalam setiap event-event seperti kegiatan festival lembah baliem di Papua, kami selalu mengangkat dari sisi lain, yaitu sisi yang uniknya untuk diangkat dalam berita. Seperti keterlibatan turis asing dalam kegiatan perang-perang suku asmat,” ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh Indris Pasaribu, Redaktur Koran Analisa Medan. Menurutnya, budaya merupakan benteng terakhir bagi bangsa Indonesia. “Untuk itu, diperlukan sinergitas antara semua pihak dalam mengembangkan potensi budaya daerah,” ujarnya.

Sementara, Yusuf Susilo Hartono dari PWI Pusat yang juga sebagai medarator mengatakan bahwa, persepsi budaya yang disampaikan oleh para peserta akan dibahas lebih lanjut dengan menghjadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya. “Kegiatan ini sangat penting sekali, mengingat rubrik budaya di setiap media cenderung merosot. Ini merupakan kegiatan awal, dan akan diadakan berkelanjutan. Pandangan yang disampaikan saat ini sebagai bahan yang akan kita diskusikan besok,” ujarnya. @MANSAR