full screen background image

Melahirkan di Usia 10 Tahun, jadi Ibu Termuda se-Dunia

 

Saat anak-anak seumurannya bermain dengan boneka, seorang anak gadis berumur 10 tahun asal Kolombia malah harus merawat bayi perempuan yang baru saja dilahirkannya.

Gadis dari suku primitif Wayuu yang tinggal di Kepulauan La Guajira di sebelah utara Kolombia tersebut pun kini menjadi salah seorang ibu termuda dalam sejarah dunia.

Dilaporkan oleh Daily Mail Kamis (5/4) ,  beberapa waktu lalu si anak mengunjungi rumah sakit di kota Manaure tempat dia tinggal dalam kondisi pendarahan hebat. Saat itu usia kandungannya sudah menginjak usia 39 minggu dan dia pun langsung menjalani operasi caesar. Dokter yang merawatnya memutuskan melakukan operasi yang sangat berisiko karena usia si ibu yang masih terlalu muda. Setelah proses operasi, si ibu cilik dan bayinya yang beratnya hanya 2.2 kg berada dalam keadaan baik.

Meski demikian gadis yang baru beranjak remaja tersebut dilaporkan menolak menyusui bayinya. Meski kepolisan Kolombia dapat membawa ayah si bayi ke meja pengadilan atas tuduhan seks di bawah umur, namun konstitusi di negara yang berada di belahan selatan benua Amerika itu memberi otonomi khusus bagi suku Wayuu.

Pemerintah menjamin anggota suku Wayuu bebas menjalankan adat dan tradisinya, termasuk juga melahirkan anak di usia yang sangat muda.

Rekor ibu termuda dalam sejarah dipegang oleh Lina Medina yang melahirkan seorang bayi laki-laki hanya dua minggu setelah ia berulang-tahun ke-5 di tahun 1933 lalu. Sampai dia beranjak dewasa, perempuan asal Peru tersebut tidak pernah memberi tahu siapa yang menghamilinya.(ara/jpnn)

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
suku primitif melahirkan,gadis primitif,video suku primitif,wanita primitif,video suku primitif dunia,suku primitif di dunia,perkawinan suku primitif,vidio suku primitif,cara melahirkan suku primitif,suku primitif dunia
Asan Baktinusa liked this post