full screen background image

Daging Sapi Mahal, Jokowi Ngadu Ke Menteri Perdagangan

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo temui Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan di Gedung Kementerian Perdagangan RI, Selasa (26/2) pagi. Pertemuan itu membicarakan tentang ketersediaan daging sapi yang harganya tengah melonjak. Ia menyampaikan keluhan para pedagang daging yang omsetnya anjlok lebih dari setengah. “Ya ini tadi diskusi pagi lah dengan Pak Menteri,” ungkap Jokowi usai pertemuan

daging_sapi_mahal“Tadi masalah daging saya sampaikan ke beliau bahwa setelah kita cek di pasar, memang harganya Rp 90-100 ribu,” tambah Jokowi pada para wartawan. Dengan harga ini, banyak pedagang yang mengeluhkan kerugian yang dialami mereka.

“Pedagang ngeluh omsetnya anjlok lebih dari separo, pedagangnya di DKI,” tambah pria yang mendapat predikat Wali Kota terbaik nomor tiga di dunia ini.

Sementara itu, Gita menuturkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Menko Perekonomian terkait permasalahan daging ini. “Kami di kantor Menko mengedepankan semangat untuk melakukan proses lelang untuk daging agar lebih transparan dan ujung-ujungnya lebih murah,” tambahnya. Namun, menurut Gita, walaupun lebih murah, kriteria teknis sehat dan sesuai peraturan akan tetap dikedepankan.

Selain itu, pihaknya juga akan bertemu dengan Kementerian Pertanian terkait konsep satu atap. “Itu dilakukan pendelegasian kewenangan dari lembaga terkait dari satu atap, apakah itu di kita atau di kementerian lain. Kita sih berjiwa besar, yang penting sederhana,” ujarnya kepada wartawan.