full screen background image

Bendungan Way Ela Maluku Tengah JEBOL, Warga Diungsikan

Bendungan Way Ela di Maluku Tengah jebol di sebagian titik akibat volume air yang semakin meningkat. Peristiwa ini terjadi Kamis (25/7) Pukul 10.30 WIT

bendungan_way_elaHujan yang terus turun di wilayah itu dikhawatirkan membuat Bendungan Way Ela jebol keseluruhan. Meski begitu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengklaim belum ada laporan korban akibat peristiwa ini.

Sebanyak 5227 orang penduduk Desa Negeri Lima pun telah dievakuasi ke desa lain. BNPB menghimbau masyarakat tetap siaga karena curah hujan memasuki puncaknya pada Juli ini di sana.

Sementara itu, Kepala BNPB Syamsul Maarif mengklaim telah mengirim bantuan logistik berupa tenda pengungsi, bahan pangan, sandang, dan bantuan lain seberat dua ton melalui dua Pesawat Hercules TNI Angkatan Udara.

Selain itu, Tim BNPB juga telah dikirim untuk memberi pendampingan penanganan bencana tersebut. BNPB mengklaim telah melaporkan kejadian ini kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Bendungan Way Ela merupakan bendungan alami yang terbentuk dari longsoran bukit akibat curah hujan tinggi pada 13 Juli 2012. Material longsoran berupa tanah dan bebatuan dengan volume yang sangat besar menutup total aliran sungai Way Ela.

Bendungan ini berjarak sekitar 2,4 kilometer dari Desa Negeri Lima. BNPB memperkirakan hanya butuh kurang dari tiga menit untuk air itu menerjang permukiman warga.

Status Bendungan Way Ela pernah berstatus “Waspada” pada Senin (1/7). Kemudian meningkat menjadi status “Siaga” pada Selasa (9/7). (CJ/OP-ixn)