full screen background image

Antasari Mendapat Remisi Pada HUT Kemerdekaan ke 67 RI

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mendapat remisi pada peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan ke-67 Republik Indonesia, tetapi tidak diberitahukan berapa bulan.

“Ya, Antasari mendapatkan remisi, kalau berapa bulan saya kurang tahu, ” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Sihabuddin usai pemberian remisi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (17/8/2012).

Tahun 2011, Antasari mendapat 5 bulan remisi yaitu 4 bulan pada HUT RI dan 1 bulan pada Idul Fitri.

Antasari terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pidana turut serta dan menganjurkan pembunuhan berencana terhadap bos Putra Rajawali Banjaran  Nasrudin Zukarnaen. Dia dikenakan hukuman penjara selama 18 tahun.

Baru baru ini Antasari yang saat ini di tahan di Lapas Tanggerang mengeluarkan testimoni kontroversial terkait bailout Centry. Dalam testimoni tersebut, dia menyebut keterlibatan pihak istana dalam kasus dana talangan Bank Century.

Menurut Antasari pada tanggal 9 Oktober 2008 lalu, dia diundang ke Istana dalam kapasitasnya sebagai Ketua KPK. Dalam rapat yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga hadir Menkeu Sri Mulyani,Gubernur Bank Indonesia Boediono, Mensetneg Hatta Rajasa, Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menko Polhukam Widodo AS, Andi Mallarangeng, Staf Presiden Denny Indrayana dan beberapa orang lainnya terkait Century untuk membahas rencana pemberian dana talang Bank Century karena pemerintah sudah menyadari akan adanya dampak hukum atas kebijakan bailout yang rawan penyimpangan tersebut

Presiden SBY pada hari Rabu (15/8/2012) membantah testimoni Antasari ihwal adanya pertemuan tersebut.

 “Berita ini di samping tidak benar, juga menyesatkan,” kata Yudhoyono kepada wartawan di Istana Negara. Menurut dia, memang benar ada pertemuan pada 9 Oktober itu. Namun pertemuan tidak membahas masalah bailout Bank Century.

Yudhoyono sampai bersumpah bahwa dalam pertemuan itu tak dibahas sama sekali bailout Bank Century. “Saya katakan malam ini di hadapan Allah SWT bahwa sama sekali tidak ada. Tidak ada yang menyinggung nama Bank Century, apalagi membahas yang dinamakan bailout Bank Century.”

Selain mengungkapkan soal rapat di Istana, Antasari mengaku didatangi Boediono, waktu itu Gubernur BI sekitar Oktober 2008 atau setahun sebelum Pemilu 2009.

Dalam pertemuan tersebut Boediono membicarakan rencana BI menggelontorkan Rp 4,7 triliun untuk menyelamatkan Bank Indover, anak perusahaan BI di Belanda, tetapi ia berhasil mencegah rencana itu . Kemudian pemerintah mencoba mencari bank lain untuk diselamatkan. Akhirnya, pada November 2008, pemerintah memilih Bank Century untuk diselamatkan.

Terkait bailout Bank Century ini, Antasari mengaku tidak diajak bicara oleh Boediono sebelumnya. Setelah disepakati, Bank Century mendapat kucuran dana segar secara bertahap.

Tahap pertama, bank yang sudah kolaps itu menerima Rp 2,7 triliun pada 23 November 2008. Tahap kedua pada 5 Desember 2008 sebesar Rp 2,2 triliun. Tahap ketiga pada 3 Februari 2009 sebesar Rp 1,1 triliun. Tahap keempat pada 24 Juli 2009 sebesar Rp 630 miliar.

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
berapa tahun hukuman antasari azhar
ALfael Devanton liked this post


ES

biography