full screen background image

Mahoni Merilis Buku BSE: Aplikasi Buku Sekolah Elektronik

BSEDalam rangka mendukung pendidikan di Indonesia dan program Buku Sekolah Elektronik yang dicetuskan oleh Kemenbud, Mahoni.com merilis sebuah aplikasi baca untuk buku-buku gratis tersebut: Buku BSE. Buku BSE bisa digunakan buat mengunduh, membaca dan mempergunakan Buku Sekolah Elektronik untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK secara gratis.

Dengan adanya aplikasi ‘Buku BSE’ ini diharapkan pemanfaatan media Tablet tidak hanya sekedar untuk email, main games & browsing internet saja, mulai saat ini Tablet dirumah anda bisa dimanfaatkan sebagai pustaka buku-buku pelajaran sekolah sekaligus sebagai alat baca buku-buku pelajaran sekolah bagi anak-anak kita.

Lewat rilis persnya, Mahoni.com berujar bahwa Buku Sekolah Elektronik adalah sebuah program dari Kemenbud yang dibuat untuk memenuhi buku pelajaran dengan standard nasional pendidikan yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2008, Kemenbud telah membeli lebih dari 1000 hak cipta dari buku-buku pelajaran tersebut untuk dihadirkan secara gratis bagi guru dan pelajar di seluruh Indonesia.

Buku BSE tidak dirancang untuk menjadi sebuah media untuk membaca saja, tapi juga sebagai buku catatan buat para pelajar sekaligus built-in browser atau peramban bawaan. Hal ini dimaksudkan supaya guru/pelajar tidak perlu keluar lagi dari aplikasi ini jika ingin mencatat atau berselancar di internet.

Dengan adanya aplikasi semacam ini, tentu saja harapan akan bertumbuhnya kualitas pendidikan Indonesia sangat besar. Namun peran pemerintah dalam sosialisasi penggunaan iPad atau tablet lainnya sebagai bahan ajar masih belum boleh berhenti. Perlu dilakukan penyuluhan dan pengadaan peraturan terkait penggunaan tablet di dalam kelas dan lainnya.

Tapi jika pemerintah mengharapkan setiap kepala keluarga membelikan tablet buat anak-anaknya sendiri, rasanya akan sangat sulit program Buku Sekolah Elektronik ini bisa berjalan dengan lancar. Pasalnya, saat ini bukan rahasia lagi jika sebagian keluarga lebih memilih untuk membeli beras atau kebutuhan pokok lainnya yang semakin makan dibanding membeli tablet.

Mungkin pemerintah harusnya mencontoh yang dilakukan pemerintah LA beberapa waktu lalu dengan memberikan iPad gratis untuk seluruh pelajar di kota tersebut. Setuju?

Omong-omong, kamu bisa mengunduh Buku BSE dengan mengakses tautan di bawah ini. Aplikasinya gratis, dan 1000 buku pelajaran di dalamnya disebut akan terus disesuaikan dengan kurikulum – terakhir kurikulum 2013.

Website | Download | Harga: Gratis

Artikel ini diakses melalui kata kunci:
bse mahoni pendampin buku pemerintah